BolaSkor.com - Diam-diam menghanyutkan. Istilah ini barangkali sangat tepat disematkan kepada Arsenal dengan momentum yang tengah mereka rasakan. Publik dan media kebanyakan hanya menyoroti Manchester City, Chelsea, dan Liverpool, sebagai tiga kuda pacu pertarungan titel Premier League. Mereka lupa ada Arsenal.

Tengok saja di mana posisi Arsenal saat ini di Premier League. Mereka ada di urutan empat dengan raihan 21 poin, sama dengan Chelsea, dan hanya terpaut dua poin dengan Man City serta Liverpool yang ada di urutan satu-dua klasemen.

Arsenal juga jadi tim tertajam kedua Premier League setelah Man City (26 gol) dengan koleksi 22 gol. Sepak terjang mereka yang diam-diam itu tidak lepas dari momentum 10 kemenangan beruntun di seluruh kompetisi dan tujuh di antaranya terjadi di Premier League.

Unai Emery tahu betul cara memaksimalkan pemain-pemain yang tersedia di dalam skuatnya. Baik itu dari segi kualitas individu atau pemahamannya akan kedalaman skuat yang dirotasi pada ajang Piala Liga, Premier League, dan Liga Europa.

Dua kekalahan beruntun di awal musim dari Man City dan Chelsea sudah jauh dilupakan. Arsenal memang hanya tidak beruntung serta diuntungkan dari jadwal tersebut. kendati demikian, mereka kini merasakan berkah darinya, karena jadwal setelahnya relatif mudah.

Dengan permainan gemilang dan filosofi sepak bola Emery, Arsenal membuat tim-tim yang telah dikalahkan seolah lemah, meski faktanya mereka melawan klub-klub yang cukup merepotkan layaknya: Everton, West Ham United, dan Watford.

Melihat rentetan hasil positif tersebut serta kemewahan yang dimiliki Emery akan opsi pemain yang dimilikinya, rasanya meraih 11 kemenangan beruntun di seluruh kompetisi dapat diwujudkan Arsenal saat melawan Sporting Lisbon di laga ketiga grup E Liga Europa

Sama seperti Arsenal, Sporting juga mengoleksi enam poin di grup E yang juga berisikan Vorskla dan Qarabag. Bermain di Estadio Jose Alvalade tidak mudah bagi Arsenal. Tapi, Sporting saat ini bukanlah Sporting yang kuat seperti di masa lalu.

Emery juga menatap serius laga tersebut dengan hasrat mempertahankan momentum. Keseriusan itu bisa dilihat dari pemain-pemain yang dibawanya ke Portugal. Ada nama Mesut Ozil, Henrikh Mkhitaryan, Alexandre Lacazette, Pierre-Emerick Aubameyang di dalamnya.

Berikut skuat yang dibawa Emery bertolak ke Portugal untuk melawan Sporting:

Bernd Leno, Emiliano Martinez, Deyan Iliev, Hector Bellerin, Mohamed Elneny, Sokratis Papastathopoulos, Henrikh Mkhitaryan, Aaron Ramsey, Alexandre Lacazette, Mesut Ozil, Lucas Torreira, Stephan Lichtsteiner, Pierre-Emerick Aubameyang, Rob Holding, Alex Iwobi, Shkodran Mustafi, Danny Welbeck, Carl Jenkinson, Matteo Guendouzi, Granit Xhaka, Emile Smith Rowe