BolaSkor.com - Penghitungan poin menuju Olimpiade Tokyo 2020 resmi dimulai sejak 29 April 2019 hingga 26 April 2020. Klasemen ini dibedakan dari ranking dunia BWF.

Saat ini tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, menempati peringkat pertama Road to Olympic 2020. Pebulu tangkis yang akrab disapa Jojo itu mengumpulkan 20.318 poin.

Hasil itu didapat setelah Jonatan merebut dua kemenangan beruntun pada Australia dan New Zealand Open 2019. Adapun Anthony Sinisuka Ginting berada di peringkat kedua dengan 16.422 poin.

Baca Juga:

Ganda Putri Pelatnas Menangkan PB Jaya Raya di Kejurnas Bulu Tangkis 2018

Ditonton Pacar, Semangat Gregoria Mariska Meluap

"Kalau bisa ya berada di peringkat satu terus. Tapi minimal mereka harus masuk 16 besar (Road to Olympic). Tapi kan periode kualifikasi masih ada sekitar 10 bulan lagi," ujar pelatih tunggal putra Indonesia, Hendry Saputra.

"Kalau bisa sih mereka berada di posisi enam besar. Itu penting untuk mendapat jatah unggulan (seeded). Start mereka saat ini sudah bagus. Saya prediksi masuk enam besar bisa, optimistis," sambungnya.

Saat ini, PBSI memiliki empat tunggal putra andalan yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa, dan Firman Abdul Kholik. Namun, hanya Anthony dan Jonatan yang sudah menembus 16 besar.

Sementara Ihsan dan Firman masih tercecer di urutan 38 dan 61 dunia. PBSI tak hanya memberi kesempatan kepada atlet pelatnas semata, tetapi tunggal putra pratama juga punya kesempatan melaju ke Olimpiade.*