Menunggu dan Harapan Besar Renovasi Stadion Manahan Solo

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 19 Mei 2018
Menunggu dan Harapan Besar Renovasi Stadion Manahan Solo
Latihan Persis Solo di Stadion Manahan. (BolaSkor.com/Al Khairan Ramadhan)

BolaSKor.com - Stadion Manahan Solo tinggal menunggu waktu untuk segera disetop penggunaannya. Hal ini berkaitan dengan renovasi besar-besaran yang dilakukan pemerintah pusat dengan anggaran Rp 314 miliar.

Kabarnya ada tiga kontraktor yang berebut tender pembangunan stadion berkapasitas 24 ribu tempat duduk ini. Kontraktor, seperti Adhi Karya yang mempercantik Stadion Utama Gelora Bung Karno juga sudah terlihat hadir pada Senin (14/5) lalu.

Renovasi ini mencakup seluruh sudut stadion. Seluruh tribun nantinya memiliki atap dan dengan single seat.

Drainase juga diperbaiki dan ada perubahan pada bagian depan stadion. Kapasitas stadion diperkirakan berkurang menjadi 22 ribu tempat duduk setelah renovasi dilakukan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Solo, Joni Hari Sumantri mengatakan pihaknya saat ini belum mengetahui kapan pembangunan akan dimulai. Pasalnya, seluruh pengerjaan menjadi wewenang Kementerian Pekerjaan Umum dan Prumahan Rakyat (PUPR).

"Rencananya lelang selesai bulan Juni. Bisa jadi bulan itu juga pembangunan mulai dikerjakan. Semua tentang proyek Manahan ada pada PUPR," kata Joni Hari, Jumat (18/5).

Joni menuturkan pembangunan ini tentunya akan menggairahkan olahraga kota Solo. Apalagi pada tahun ini Kota Solo akan jadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah. Setelah pembangunan, ia meyakini minat masyarakat untuk datang ke Manahan semakin tinggi.

"Harapannya prestasi olahraga di Solo juga bisa lebih berkembang lagi dengan adanya proyek renovasi Stadion Manahan ini," lanjutnya.

Hanya memang, bila pembangunan dimulai bulan Juni, klub sepak bola Persis Solo harus berancang-ancang menentukan lokasi kandang untuk laga Liga 2 2018. Pilihannya ada Stadion Sriwedari Solo, Stadion Wilis Madiun atau Stadion Maguwoharjo Sleman.

Sejauh ini, Stadion Sriwedari yang berjarak sekitar dua kilometer dari Manahan jadi opsi. Namun stadion yang jadi saksi kejayaan Laskar Sambernyawa era 30-40an itu hanya berkapasitas 8000 penonton.

"Sepertinya Persis Solo masih bisa pakai sampai putaran pertama selesai. Tapi kami akan menunggu surat resmi dari Panpel terkait usulan stadion pengganti. Kalau sudah ada, baru kita tentukan langsung selanjutnya," ucap Sekjen Persis Solo, Dedi M Lawe. (Laporan Kontributor Al Khairan Ramadhan/Solo)

Persis Solo Stadion manahan Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan