BolaSkor.com - Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer menilai bek Leicester City Jonny Evans seharusnya tetap bermain untuk Setan Merah. Menurutnya Evans (33 tahun) merupakan contoh ideal bagaimana produk akademi dapat menembus tim utama MU.

Evans adalah produk akademi MU yang promosi pada 2006 ke tim utama yang masih dilatih Sir Alex Ferguson. Sempat dipinjamkan ke Royal Antwerp dan Sunderland, perlahan Evans mulai dapat kepercayaan bermain di tim utama MU oleh Ferguson.

Bek asal Irlandia Utara itu bukan bek reguler MU yang punya bek-bek tangguh seperti Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand, meski begitu Evans selalu menjawab keyakinan Ferguson setiap kali dipercaya bermain.

Baca Juga:

Prediksi Leicester City Vs Man United: Lanjutkan Tren ke Semifinal

Leicester Vs MU, Menguji Status Raja Tandang Setan Merah

Solskjaer Bicara Tentang Masa Depan Cavani di Manchester United

Jonny Evans

Pada 2015 Evans gabung West Bromwich Albion dan kemudian membela Leicester pada 2018. Solskjaer menilai Evans seharusnya bisa menjadi pemain MU saat ini. Meski menyesali kepergiannya Solskjaer masih melihat Evans sebagai contoh bagi produk akademi MU lainnya.

"Anda tahu, Jonny Evans seharusnya menjadi pemain Manchester United sekarang," tutur Solskjaer dikutip dari Goal. "Tapi terkadang sepak bola membawa Anda ke tempat lain ketika perubahan dalam manajemen terjadi."

"Saya yakin Jonny Evans memiliki perasaan terhadap Manchester United dan kami juga memiliki perasaan kepadanya. Jadi senang melihatnya bermain sebaik yang dia lakukan dan kami harus terus maju.

Contoh bagi produk akademi MU

Akademi MU sedianya selalu memiliki pemain-pemain berbakat dengan ketenaran darinya terjadi pada 1992 kala menelurkan pemain seperti Paul Scholes, Gary Neville, Phil Neville, Nicky Butt, David Beckham, dan Ryan Giggs.

Akan tapi tak semuanya sukses di tim utama MU dan ada yang sukses di tim lain. Evans salah satu contoh alumni akademi yang sukses meraih trofi. Itu diharapkan Solskjaer menjadi contoh bagi alumni generasi terkini seperti Mason Greenwood, Scott McTominay, dan Dean Henderson.

"Tapi tentu saja, para pemain lokal - saya menyebut mereka pemain lokal, Anda tahu apa yang saya maksud - kami ingin membangun tim muda kami berikutnya dengan pemain seperti Jonny Evans, jika Anda tahu itu," imbuh Solskjaer.

“Dengan Mason Greenwood, Scott McTominay dan Dean Henderson dan semua pemain, ditambah dengan pemain berkualitas tinggi tentunya."

Evans pergi pada 2015 dengan mantan-mantan pemain warisan Ferguson lainnya ketika tim ditangani oleh Louis van Gaal. Semenjak itu MU mendatangkan Harry Maguire, Eric Bailly, dan Victor Lindelof dengan mahar total mencapai 144 juta poundsterling.