Menyoal Dua Penalti di Laga Liverpool Vs Tottenham Hotspur

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 05 Februari 2018
Menyoal Dua Penalti di Laga Liverpool Vs Tottenham Hotspur
Pemain Liverpool saat protes kepada wasit Jon Moss. (Sky Sports)

BolaSkor.com - Ada hal menarik yang muncul pada laga seru antara Liverpool kontra Tottenham Hotspur, Senin (5/2) dini hari WIB lalu. Yaitu ketika wasit Jon Moss memberikan dua penalti kepada Tottenham.

Pada laga di Anfield tersebut, Harry Kane sukses mencetak gol keseratus di Premier League sekaligus menyelamatkan Tottenham Hotspur dari kekalahan. Kane mencetak gol lewat titik penalti membayar kegagalannya pada proses serupa beberapa menit sebelumnya.

Ya, dua penalti diberikan wasit kepada Tottenham pada laga ini. Keputusan yang membuat manajer Liverpool Jurgen Klopp mencak-mencak. Tapi sudah benarkah keputusan wasit?

Mantan wasit Dermot Gallagher menegaskan keputusan yang diambil Jon Moss sudah tepat. Untuk penalti pertama Gallagher kepada Sky Sports menjelaskan mengapa penalti diberikan meski Harry Kane terlihat dalam posisi offside.

"Penalti pertama sangat menarik. Kane ada dalam posisi offside dan Dejan Lovren memiliki kesempatan untuk membuang bola," papar Gallagher.

"Dia (Lovren) punya banyak kesempatan untuk menghalau bola. Dia tak melakukannya dan dia jelas sudah menyentuh bola. Bola yang kemudian mengarah ke Kane yang pada saat ini tak lagi offside," jelas Gallagher soal posisi Kane.

Gallagher meski membutuhkan waktu lama untuk nerkonsultasi dengan asisten wasit Eddie Smart, wasit Moss sudah memberikan tepat. "Keputusan wasit harus dipuji. Kegagalan Lovren menendang bola membuat posisi Kane tak offside."

Tottenham mendapatkan penalti kedua ketika Erik Lamela jatuh setelah berduel dengan Virgil van Dijk. Gallagher menjelaskan proses mengapa penalti diberikan.

"Ini sulit karena area penalti sangat padat hingga Moss harus melihatnya secara diagonal. Tak ada keraguan sudah terjadi pelanggaran dan ini satu lagi contoh kerja sama baik antara wasit dan asistennya," kata Gallagher.

Premier League Liverpool Tottenham Hotspur
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.097

Bagikan