BolaSkor.com - Manchester United akhirnya bisa mendapatkan pemain idaman mereka. Tak tanggung-tanggung, Setan Merah harus mengeluarkan 80 juta pounds, bahkan ada yang menyebut 85 juta pounds, untuk mendapatkan Harry Maguire.

Lima tahun silam, Harry Maguire adalah pemain yang merumput di League One. Kini dia menjadi salah satu pemain termahal dunia, bahkan dia mengalahkan nilai transfer saat Manchester United menjual Cristiano Ronaldo ke Real Madrid pada 2009. Nilai yang menjadikan Ronaldo pemain termahal dunia kala itu.

Harga yang dibayarkan Manchester United selama ini identik dengan pemain berpredikat terbaik dunia. Pemain yang menonjol di semua aspek permainan alias atribut yang dibutuhkan di posisinya. Sebut saja Ronaldo atau Lionel Messi yang memang penyerang terbaik di dunia.

Baca Juga:

Menerka Teman Duet Harry Maguire di Lini Belakang Manchester United

Nicolas Pepe dan 4 Pemain Afrika Termahal

Hal serupa buat misalnya saja Kevin de Bryune yang punya atribut lengkap sebagai gelandang serang. De Bruyne memiliki skill apik, mampu membuat gol, kreativitas, visi, dan umpan akurat. Semua aspek yang dibutuhkan buat gelandang serang papan atas.

Bagaimana dengan Maguire? Sebagai pemain belakang, Maguire bukanlah yang terbaik di semua aspek. Contoh salah satu atribut yang minus dari Maguire adalah kecepatan. Soal kecepatan ini pula yang sempat menghambat kariernya. Bahkan Huddersfield pernah batal menggaet Maguire karena dinilai terlalu lamban. Padahal saat itu Huddersfield bisa mendapatkan Maguire seharga 1 juta pounds.

Namun, kecepatan bukanlah syarat utama untuk menjadi terbaik dalam sepak bola. Hal inilah yang ada dalam diri Maguire. Dia menutupi kekurangannya dalam hal kecepatan dengan kemampuannya dalam membaca permainan.

"Dia seorang pemain yang sangat, sangat cerdas," ujar Micky Adams, mantan pelatih Sheffield United yang memberi Maguire debut profesionalnya kepada BBC Sport empat tahun lalu.

"Dia luar biasa. Dia selalu belajar. Dia mampu menyerap informasi dengan cepat, terutama saat latihan," lanjut Adams.

Atribut lain yang menonjol dari Maguire adalah kematangan, kedewasaan, ketenangan, nyaman dengan bola, dan kepimimpinan. Serta yang paling penting adalah kepiawaiannya dalam distribusi bola.

"Yang membuat dia bernilai 80 juta adalah distribusi bolanya. Dia mampu membawa bola dari belakang. Dia tetap nyaman meski dalam area sempit. Dia akan mampu keluar dari tekanan dan itu yang menjadikannya sebagai pemain elite," ujar Michael Dawson, yang pernah jadi rekan setim Maguire di Hull City.

Perbandingan dengan Bek Man United