Meramal Nasib Cristiano Ronaldo dari Kisah Erik ten Hag di Ajax

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 21 Oktober 2022
Meramal Nasib Cristiano Ronaldo dari Kisah Erik ten Hag di Ajax
Cristiano Ronaldo dan Erik ten Hag (Twitter)

BolaSkor.com - Ulah Cristiano Ronaldo pada laga kontra Tottenham Hotspur membuat masa depannya di Manchester United berada dalam tanda tanya besar. Sebuah cerita kelam yang melibatkan Erik ten Hag di Ajax Amsterdam berpotensi terulang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ronaldo meninggalkan lapangan sebelum laga kontra Tottenham berakhir. Kemudian tersiar kabar ia menolak perintah Ten Hag untuk masuk sebagai pemain pengganti jelang berakhirnya waktu normal.

Perilaku tak terpuji itu berujung sanksi dari klub. Manchester United mengeluarkan Ronaldo dari tim utama hingga laga kontra Chelsea, akhir pekan ini.

Baca Juga:

Kena Batunya, Cristiano Ronaldo Dicoret dari Skuad Manchester United

Cristiano Ronaldo Berulah, Rio Ferdinand Berikan Pembelaan

Cristiano Ronaldo dan 5 Kontroversinya pada Periode Kedua di Manchester United

Dalam periode tersebut, Ronaldo tidak akan berlatih di bawah asuhan Ten Hag. Sebagai gantinya, ia akan bergabung dengan tim Manchester United U-21.

Masalah ini seolah menjadi deja vu bagi Ten Hag. Ia pernah menghadapi pengalaman serupa saat menangani Ajax.

Momen yang dimaksud terjadi saat Ajax menjamu Heerenveen pada pekan ke-27 Eredivisie 2017-2018. Ketika itu, Amin Younes bersikap seperti Ronaldo dengan menolak perintah Ten Hag untuk masuk sebagai pemain pengganti jelang waktu normal berakhir.

Erik ten Hag dan Amin Younes

Ten Hag ingin memasukkan Younes tak lama setelah Ajax unggul 3-1 lewat gol Donny van de Beek pada menit ke-88. Pergantian ini tak lain bertujuan untuk mengulur waktu saja.

Ten Hag kemudian memanggil Younes yang duduk di bangku cadangan untuk bersiap-siap. Namun sang pemain mengabaikan instruksi tersebut hingga membuang muka.

Usai pertandingan, Younes dibekukan dari tim utama Ajax. Ia kemudian dimasukkan ke tim cadangan atau Jong Ajax.

"Sayang sekali ternyata harus seperti ini, tetapi saya tidak menyesalinya. Amin mengeluarkan dirinya dari tim, lalu berhenti," kata Ten Hag ketika itu.

"Saya dengan tulus mendoakan yang terbaik untuk anak itu."

Tragisnya, Younes tak pernah dilibatkan kembali ke tim utama hingga akhir musim. Kemudian yang bersangkutan hengkang ke Napoli dengan status bebas transfer.

Kemiripan lain adalah Younes sempat meminta hengkang pada bursa transfer musim dingin atau beberapa bulan sebelum dirinya menolak instruksi Ten Hag. Namun, keinginannya tak tercapai dan kembali melanjutkan karier bersama Ajax.

Cerita serupa juga dialami Ronaldo pada musim panas lalu. Bukan rahasia lagi kalau dirinya sempat meminta pergi meski kesulitan mencari klub peminat.

Berkaca dari pengalaman tersebut, Ronaldo di ambang pintu keluar Manchester United. Bukan tidak mungkin Ten Hag akan mendepaknya pada bursa transfer musim dingin mendatang.

Andai hal itu terjadi, Ronaldo mungkin sudah memainkan pertandingan terakhirnya dengan seragam Manchester United. Ten Hag tidak akan dengan mudah memaafkan sikap megabintang Portugal tersebut.

Namun Ronaldo masih punya kesempatan untuk tak bernasib sama seperti Younes. Salah satu cara yang bisa ditempuh yaitu dengan berjiwa besar mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada Ten Hag.

Cristiano Ronaldo Erik ten Hag Manchester United Ajax amsterdam Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan