Merasa Komdis PSSI Kurang Objektif, Arema FC Ajukan Materi Banding atas Denda

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 20 Mei 2019
Merasa Komdis PSSI Kurang Objektif, Arema FC Ajukan Materi Banding atas Denda
Rusuh di laga PSS Sleman Vs Arema FC. (BolaSkor.com/Al Khairan Ramadhan)

BolaSkor.com - Arema FC tidak sepenuhnya menerima sanksi berupa denda Rp 75 juta yang dijatuhkan Komisi Disiplin PSSI, sebagai imbas dari kerusuhan suporter yang terjadi di Stadion Maguwoharjo Sleman, 15 Mei lalu.

Sanksi itu merujuk pada kewajiban klub untuk bertanggung jawab atas berbagai tingkah laku buruk suporternya. Dalam hal ini Aremania, yang terlibat aksi saling lempar dengan suporter PSS Sleman.

Kericuhan yang terjadi di tribun itu akhirnya meluas, hingga menyebabkan situasi tidak kondusif lagi. Sehingga, perangkat pertandingan memilih untuk menunda pertandingan antara PSS kontra Arema FC di menit 29, dan melanjutkannya lagi setelah terhenti 55 menit.

Baca Juga:

PSS Sleman Jadikan Hukuman Komdis PSSI karena Kerusuhan sebagai Pembelajaran

PSS Sleman Kena Denda 200 Juta dan Harus Tutup Sebagian Tribun 4 Kali

"Seharusnya, Komdis lebih objektif lagi dalam mengambil keputusan," kata CEO Arema FC, Agoes Soerjanto dalam rilis resminya.

Dasar upaya untuk mengajukan banding itu tak lepas dari temuan data dan fakta yang ada di lapangan. Pasalnya, aksi Aremania yang membalas berbagai lemparan benda keras berbahaya itu sebagai wujud pembelaan diri.

"Mereka sebagai tamu merasa ingin menahan diri. Bayangkan kalau hanya diam, akan banyak korban lagi yang berjatuhan," terangnya.

Lebih lanjut, pihaknya menilai Panpel PSS Sleman belum siap menggelar pertandingan di Liga 1. Tak hanya kurang sigap mengatasi kacaunya situasi, hal ini justru diperparah dengan kalimat provokatif yang tidak pantas disuarakan Panpel saat insiden kerusuhan terjadi.

"Faktanya, justru timbul ricuh karena ketidaksiapan Panpel. Jika tidak siap sejak awal, (lebih baik) ajukan penundaan," tuntas pengganti posisi Iwan Budianto tersebut. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)

Arema FC Liga 1 PSS Sleman Komisi Displin PSSI Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan