Mereka yang Terbanyak dalam 90 Tahun Perjalanan LaLiga

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Kamis, 11 Februari 2021
Mereka yang Terbanyak dalam 90 Tahun Perjalanan LaLiga
LaLiga (Twitter LaLiga)

BolaSkor.com - Musim 2020-2021 menjadi istimewa bagi LaLiga. Ini merupakan musim ke-90 kompetisi tertinggi di Spanyol tersebut. BolaSkor akan merayakannya dengan membuat daftar tim atau pemain yang memiliki catatan terbanyak.

Pertandingan pertama LaLiga adalah duel RCD Espanyol melawan Real Union de Irun. Duel yang dimenangi Espanyol dengan skor 3-2 tersebut digelar di Stadion Sarria sekitar pukul 15.10 waktu setempat.

Dalam perjalanannya, Real Madrid dan Barcelona menjadi tim paling berpengaruh di LaLiga. Los Blancos sudah memukau sejak zaman Alfredo Di Stefano dan Santiago Bernabeu. Sementara itu, Barca menggebrak dunia dengan skuad asuhan Johan Cruyff.

Kini, sudah ada beberapa statistik yang dipegang baik pemain atau tim. Mereka mengisi perjalanan LaLiga dengan prestasi.

Baca Juga:

Tak Kunjung Pulih dari Cedera, Hazard Dianggap Masuk Lingkaran Setan

Kebangkitan Eden Hazard dan Konsistensi Karim Benzema

Starting XI Real Madrid jika Tak Jual Pemain Bintang

LaLiga

Untuk urusan gelar, Real Madrid menjadi tim paling sukses. Sejauh ini, El Real telah mengoleksi 34 titel. Selain itu, Real Madrid juga menjadi tim yang paling banyak mencetak gol dalam satu musim (121 gol, musim 2001-2012).

Berikutnya, Madrid, Barcelona, dan Athletic Bilbao menjadi tim yang paling lama berada di LaLiga. Ketiga tim itu selalu di LaLiga dalam 90 musim.

Sementara itu, pelatih legendaris Madrid, Miguel Munoz, menjadi juru taktik dengan gelar LaLiga terbanyak. Ia meraih sembilan gelar LaLiga. Untuk urusan pelatih dengan jumlah pertandingan terbanyak, Luis Aragones memimpin dengan 757 pertandingan.

Pada sisi lain, Real Madrid dan Barcelona berbagi tempat untuk urusan jumlah raihan poin terbanyak dalam satu musim. Keduanya menuai 100 poin dalam semusim. Madrid mencatatkan pada musim 2011-2012, sedangkan Blaugrana satu musim setelahnya.

Aneh rasanya jika tidak ada Lionel Messi dalam daftar. La Pulga menjadi pemain terbanyak untuk urusan top skorer LaLiga atau yang biasa disebut El Pichichi dengan tujuh gelar. Messi juga menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah LaLiga dengan 457 gol. Jumlah itu diprakirakan akan terus bertambah.

Madrid kembali menempatkan legendanya dalam daftar ini. Francisco Gento merupakan pemain dengan titel LaLiga terbanyak (12).

Barca juga tidak mau kalah. Dua mantan kiper mereka, Antoni Ramallets dan Victor Valdes menjadi pemain dengan raihan trofi Zamora terbanyak. Keduanya memenangi lima penghargaan yang diberikan untuk kiper tersebut.

Sementara itu, masih belum ada yang bisa menggeser Andoni Zubizarreta sebagai pemain dengan jumlah pertandingan terbanyak (622). Adapun, Abel Resino merupakan kiper dengan menit tak kebobolan terbanyak (1.275 menit).

Real Madrid Barcelona LaLiga Breaking News
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.491

Bagikan