Merih Demiral dan Sederet Gol Bunuh Diri yang Terjadi di Piala Eropa

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 12 Juni 2021
Merih Demiral dan Sederet Gol Bunuh Diri yang Terjadi di Piala Eropa
Gol bunuh diri Merih Demiral (Twitter)

BolaSkor.com - Pertandingan pertama Piala Eropa 2020 diwarnai dengan gol bunuh diri bek Turki, Merih Demiral ketika Turki kalah 0-3 dari tuan rumah, Italia di Stadio Olimpico, Sabtu (12/06) dini hari WIB.

Demiral mencetak gol bunuh diri di menit 53 kala coba membelokkan bola umpan silang yang dilepaskan Domenico Berardi. Sementara dua gol Italia lainnya dicetak oleh Ciro Immobile (66') dan Lorenzo Insigne (79').

Menurut statistik yang dimuat laman resmi UEFA gol bunuh diri Merih Demiral jadi yang ke-10 terjadi dalam sejarah Piala Eropa. Bek Juventus juga jadi pencetak gol bunuh diri pertama yang terjadi pada laga pembuka Piala Eropa.

Akan tetapi Merih Demiral bukan satu-satunya pencetak gol bunuh diri dalam sejarah Piala Eropa. Masih ada sembilan gol lainnya dan lima di antaranya akan dijelaskan oleh BolaSkor.com. Berikut penjabarannya:

Baca Juga:

Piala Eropa 2020: Sederet Fakta Menarik dari Kemenangan 3-0 Italia atas Turki

Piala Eropa 2020 - Italia 3-0 Turki: Pesan Serius Gli Azzurri

9 Aturan yang Tak Banyak Diketahui di Piala Eropa 2020

1. Igor Tudor (Piala Eropa 2004)

Fase grup Piala Eropa 2004 laga antara Kroasia melawan Prancis. Kroasia dilatih Otto baric dan Prancis oleh Jacques Santini. Pertandingan berjalan ketat.

Kroasia yang diperkuat Dario Simic, Igor Tudor, Robert dan Niko Kovac dapat merepotkan Prancis yang memiliki Zinedine Zidane, David Trezeguet, dan Thierry Henry. Skor berakhir 2-2.

Tiga gol dicetak oleh penalti Milan Rapaic, Dado Prso, Trezeguet, yang diwarnai gol bunuh diri Tudor di awal laga. Tudor membelokkan bola tendangan bebas Zidane ke gawangnya sendiri.

2. Jorge Andrade (Piala Eropa 2004)

Masih terjadi di Piala Eropa 2004 dan Jorge Andrade terbilang beruntung, sebab bek Portugal mencetak gol bunuh diri di menit 63 di semifinal antara Portugal melawan Belanda. Itu menjadi satu-satunya gol bagi Belanda.

Pasalnya Portugal yang menjadi tuan rumah mampu memenangi laga dengan skor 2-1 melalui gol Cristiano Ronaldo dan Maniche. Portugal kala itu dilatih Luiz Felipe Scolari dan Belanda diasuh Dick Advocaat.

3. Glen Johnson (Piala Eropa 2012)

Kali ini terjadi di Piala Eropa 2020 fase grup antara Swedia arahan Erik Hamren melawan Inggris besutan Roy Hodgson di Stadion Olimpik, Kiev, Ukraina. Pertandingan berakhir dengan lima gol untuk kemenangan 3-2 Inggris.

Tiga gol Three Lions dicetak Andy Carroll, Theo Walcott, dan Danny Welbeck, sementara dua gol Swedia dari bunuh diri Glen Johnson dan Olof Mellberg. Johnson coba mencegah peluang dari Mellberg tapi bola justru masuk ke gawangnya sendiri.

4. Ciaran Clark (Piala Eropa 2016)

Pertandingan pembuka grup Piala Eropa 2016 antara Republik Irlandia dan Swedia terjadi di Stade de France. Irlandia sempat mencuri keunggulan melalui gol Wes Hoolahan di menit 48, akan tapi tim arahan Martin O'Neill gagal meraih tiga poin.

Pasalnya bek mereka Ciaran Clark mencetak gol bunuh diri di menit 71. Pemain yang menggantikan Richard Keogh di jantung pertahanan Irlandia itu coba menyapu bola umpan silang rendah Zlatan Ibrahimovic, tapi bola justru masuk ke gawangnya sendiri.

5. Gareth McAuley (Piala Eropa 2016)

Irlandia Utara akan menyesali gol bunuh diri yang terjadi di 16 besar Piala Eropa 2016 melawan Wales. Pasalnya itu satu-satunya gol bunuh diri yang tercipta di pertandingan dan membuat Irlandia Utara tersingkir.

Gol itu diciptakan melalui gol bunuh diri Gareth McAuley di menit 75 dan membawa Wales melaju ke perempat final.

Berikut gol bunuh diri lainnya di Piala Eropa:

6. Anton Ondrus (Piala Eropa 1976) - Cekoslovakia 3-1 Belanda
7. Lyuboslav Penev (Piala Eropa 1996) - Bulgaria 1-3 Prancis
8. Dejan Govedarica (Piala Eropa 2000) - Yugoslavia 1-6 Belanda
9. Birkir Mar Saevarsson (Piala Eropa 2016) - Islandia 1-1 Hungaria
10. Merih Demiral (Piala Eropa 2020) - Turki 0-3 Italia

Simak rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini.

Breaking News Piala eropa Piala Eropa 2020 Trivia Sepak Bola Merih Demiral
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan