BolaSkor.com - Sesi kualifikasi putaran ke-20 Formula 1 (F1) 2019 di Sirkuit Interlagos, Brasil, Sabtu (17/11), diwarnai kejutan. Adalah fakta pembalap Mercedes, Lewis Hamilton hanya finis ketiga.

Hamilton harus mengakui kekalahan dari pembalap Red Bull, Max Verstappen dan pembalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel yang finis 1-2.

Baca Juga:

Verstappen Raih Pole Position di Brasil

Max Verstappen Tidak Yakin Bisa Finis Posisi Tiga di Klasemen Akhir F1 2019

Hamilton tertinggal 0,191 detik dari Verstappen yang mencetak pole position lewat lap terbaik 1 menit 7,508 detik.

Usai kualifikasi, pembalap yang sudah mengunci titel juara dunia F1 2019 itu mengaku bingung mesin mobil tim Red Bull dan Ferrari bisa mengungguli mesin mobil tim Mercedes.

Secara khusus keunggulan yang dimiliki mesin Honda yang digunakan mobil tim Red Bull paling mengejutkan pembalap asal Inggris itu.

"Tentu saja (terkejut dengan performa mesin Honda). Saya tidak berpikir pada lomba sebelumnya, mereka punya keunggulan itu dari mobil kami," kata Hamilton.

"Saya benar-benar tidak memahaminya. Karena kini kami hanya tinggal memiliki beberapa mesin," tambah eks pembalap McLaren itu.

Meskipun begitu, ia menyambut positif fakta tidak hanya Ferrari yang bisa bersaing dengan Mercedes untuk finis pertama, tapi juga Red Bull.

"Ini sangat bagus untuk F1. Karena kami memiliki pabrikan yang bisa mulai memproduksi mesin kompetitif dan membantu tim mereka untuk bersaing," Hamilton menerangkan.

Adapun start lomba GP Brasil bakal berlangsung Senin (18/11) pukul 00.10 WIB.*