Mesin Powerful dan Sasis Motor, Kunci Marc Marquez Begitu Dominan di MotoGP 2019

Hendry WibowoHendry Wibowo - Senin, 20 Mei 2019
Mesin Powerful dan Sasis Motor, Kunci Marc Marquez Begitu Dominan di MotoGP 2019
Marc Marquez (Twitter/Repsol Honda)

BolaSkor.com - Marc Marquez kembali naik podium teratas pada lomba putaran kelima MotoGP 2019 di Sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu (19/05). Dia menjadi yang terdepan setelah melahap 27 lap dalam waktu 41 menit 53,647 detik.

Pembalap Repsol Honda ini nyaris tak tersentuh sepanjang balapan. Dia hanya sekali saja mendapat gangguan dari Jack Miller pada awal lomba. Setelah itu ia mampu melenggang mulus hingga menyentuh garis finis.

Baca Juga:

Lomba MotoGP Prancis: Marc Marquez Persembahkan Kemenangan ke-300 untuk Honda

Lomba Moto2 Prancis: Dimas Ekky Kecelakaan Lagi, Alex Marquez Finis Pertama

Berkat kemenangan di MotoGP Prancis, berarti Marquez sudah mengantongi tiga kemenangan pada MotoGP 2019. Dia pun mulai membuka gap lebar dari posisi kedua klasemen, Andrea Dovizioso dengan selisih delapan poin.

Marquez pun membeberkan kunci sukses dirinya mendominasi awal musim MotoGP 2019. Menurutnya peningkatan power mesin dikombinasikan dengan sasis motor Honda RC213V membuatnya bisa menyudahi kebiasaannya melakukan pengereman terlambat (late braking).

Perbedannya terlihat jelas ketika ia menggunakan ban depan kompon lunak, ketika berhasil finis pertama pada MotoGP Prancis.

"Saya senang karena ini adalah pertama kalinya kami balapan menggunakan ban depan yang lunak, tetapi tahun ini kami dapat mengendarai dalam dua atau tiga cara berbeda," ujar Marquez.

"Ini karena mesin lebih powerful. Ketika Anda memiliki power mesin yang kuat, sekarang saya paham cara berkendara seperti Dovi (Andrea Dovizioso) dan Jorge (Lorenzo) tahun lalu (di Ducati)," tambahnya.

Menurutnya musim lalu, ia berusaha membukukan lap kompetitif pada sektor pengereman. Tahun ini dengan mesin lebih powerful dan sasis 2019, Marquez kehilangan sedikit waktu pada zona pengereman, tapi mendapatkan keuntungan pada sektor lain.

Terlebih ia meyakini, mengandalkan sektor pengereman memiliki risiko besar. Dan risiko besar menandakan seorang pembalap sulit untuk konsisten.* (MA01-ARINA)

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP Lainnya di KabarOto.com

MotoGP 2019 MotoGP Prancis Breaking News Repsol Honda Marc marquez
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan