BolaSkor.com - Tahun 2019 bisa jadi tahun yang baik bagi sepak bola Mesir. Tidak lama berselang setelah kepastian ditunjuknya Mesir sebagai tuan rumah Piala Afrika 2019, bintang sepak bola Mesir, Mohamed Salah memenangi penghargaan Pemain Terbaik Afrika.

Mo Salah mengalahkan Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal) dan rekan setimnya di Liverpool, Sadio Mane, dalam perebutan penghargaan tersebut. Penyerang sayap berusia 26 tahun memenanginya dua kali beruntun dari tahun lalu.

Musim lalu Mo Salah menjadi sensasi dengan torehan 32 gol di Premier League dan meraih penghargaan Sepatu Emas. Sepanjang tahun 2018 eks pemain AS Roma mencetak total 44 gol dengan Liverpool dan timnas Mesir.

"Saya memiliki mimpi memenangi penghargaan ini sejak kecil dan sekarang saya telah memenanginya dua kali beruntun," ucap Mo Salah.

Baca Juga:

Tiga Kandidat Peraih Penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2018

Dampak Positif Tersingkirnya Liverpool dari Piala FA

Mohamed Salah

Liverpool kini telah memenangi tiga penghargaan Pemain Terbaik Afrika. Dua diraih oleh bintang baru mereka, sementara satu lagi didapatkan El-Hadji Diouf pada 2002 setelah tampil bagus dengan timnas Senegal di Piala Dunia 2002.

Mo Salah akan coba mengejar Yaya Toure dan Samuel Eto'o, dua pemain paling sukses sepanjang masa Afrika yang telah memenangi empat penghargaan Pemain Terbaik Afrika. Toure memenanginya pada 2011 hingga 2014, sementara Eto'o di tahun 2003, 2004, 2005, dan 2010.

Keberhasilan Salah meraih penghargaan Pemain Terbaik Afrika merupakan 'ceri di atas kue' bagi Mesir, yang juga menjadi tuan rumah Piala Afrika 2019. Piala Afrika 2019 akan berlangsung pada 15 Juni hingga 13 Juli mendatang dan diikuti 24 negara.

Mesir mengalahkan Afrika Selatan dalam pemungutan suara tuan rumah Piala Afrika 2019. Itu artinya Mesir ditunjuk sebagai tuan rumah untuk kali kelima sejak terakhir ditunjuk pada 2006.

"Saya ingin berterima kasih kepada Komite Eksekutif (CAF - Federasi Sepak Bola Afrika) atas kepercayaan, dan saya berterima kasih kepada pemerintah atas dukungan ini," ucap Hany Abu Rida, Presiden Asosiasi Sepak Bola Mesir (EFA) di BBC Sport.

"Kami mengorganisir turnamen pada 2006 dan itu akan jadi landasan serta tantangan untuk lebih baik lagi (tahun ini), kami siap dengan kepercayaan ini. Fans akan kembali ke stadion dan turnamen nanti akan menarik, saya berjanji."

Selain penghargaan Pemain Terbaik Afrika, ada kategori lainnya yang juga diberikan seperti Timnas Wanita Terbaik, Timnas Senior Pria Terbaik, dan lainnya. Berikut pemenang kategori lainnya:

Timnas Wanita Terbaik 2018: timnas Nigeria
Timnas Senior Pria Terbaik 2018: timnas Mauritania
Pelatih Wanita Terbaik 2018: Desiree Ellis
Pelatih Pria Terbaik 2018: Herve Renard
Penghargaan Tessema: Tuan Fouzi Lekjaa
Pemain Muda Terbaik 2018: Achraf Hakimi
Pemain Wanita Terbaik 2018: Chrestinah Thembi Kgatlana

Tim Terbaik Afrika 2018: Denis Onyango (Mamelodi Sundowns/Uganda), Serge Aurier (Tottenham/Pantai Gading), Medhi Benatia (Juventus/Maroko), Eric Bailly (Manchester United/Pantai Gading), Kalidou Koulibaly (Napoli/Senegal); Naby Keita (Liverpool/Guinea), Thomas Partey (Atletico Madrid/Ghana), Riyad Mahrez (Manchester City/Aljazair); Mohamed Salah (Liverpool/Mesir), Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal/Gabon), Sadio Mane (Liverpool/Senegal)