BolaSkor.com - Pemain Barcelona Lionel Messi tak mau tinggal diam di tengah mewabahnya virus corona (Covid-19) yang melanda dunia. Megabintang asal Argentina itu rela menyumbangkan uang sebesar satu juta euro (Rp17,5 miliar) untuk melawan virus tersebut.

Dilansir dari Mundo Deportivo, sebagian dana tersebut disumbangkan Messi ke rumah sakit yang bernama Hospital Clinic di Barcelona. Sementara sisanya ditujukan kepada para tenaga medis di Argentina yang merupakan negara asal pemain berusia 32 tahun tersebut.

"Leo Messi ikut berdonasi untuk bertarung melawan #Covid19 di #CLÍNIC. Terima kasih banyak Leo, atas komitmen dan dukungan Anda,” bunyi pernyataan resmi @hospitalclinic di Twitter.

Hal serupa juga dilakukan mantan pelatih Messi di Barcelona, Pep Guardiola. Pria yang kini menangani Manchester City itu juga mendonasikan uang dengan jumlah yang sama.

Baca Juga:

Liga Ditunda, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Disarankan Main di Belarusia

Pandemi Virus Corona, Bundesliga Mundurkan Waktu Penundaan hingga 30 April 2020

Risiko Besar Cedera Pemain jika Premier League Diselesaikan pada 30 Juni 2020

Lionel Messi

Menariknya, donasi Pep difokuskan untuk membeli peralatan kesehatan guna menunjang kerja para tenaga medis di kota Barcelona. Ia menyalurkan bantuan tersebut melalui Angel Soler Daniel Foundation.

Spanyol memang menjadi negara Eropa kedua setelah Italia yang paling merasakan dampak dari virus Corona. Sekitar 40.000 orang didagnosis terjangkit virus ini dan lebih dari 2.800 korban di antaranya meninggal dunia.

Beberapa pemain yang merumput di LaLiga juga tak luput dari ancaman virus corona. Tiga pemain Valencia yaitu Ezequiel Garay, Eliaquim Mangala, Jose Gaya serta enam pemain Espanyol telah dinyatakan positif mengidap virus ini.

Messi dan Guardiola bukan pelaku sepak bola pertama yang mendonasikan uangnya untuk melawan virus corona. Langkah ini lebih dulu dilakukan oleh Tim Nasional Jerman yang mendonasikan uang sebesar 2,5 juta Euro (Rp43 miliar) dan AC Milan dengan 250 ribu Euro (Rp4,3 miliar) serta beberapa pihak lainnya.

Penulis: Taufik Hidayat