BolaSkor.com - Peringkat lima Ballon d'Or 2018, Lionel Messi, seolah merajalela musim ini di LaLiga bersama FC Barcelona sepeninggal kepergian rivalnya, Cristiano Ronaldo, dari Real Madrid ke Juventus. Messi membawa Barca ke puncak klasemen sementara.

Barcelona duduk di peringkat satu dengan perolehan 40 poin, terpaut lima poin dari Atletico Madrid, tujuh poin dari Sevilla, sembilan poin dengan Deportivo Alaves, dan 10 poin dengan Madrid yang berada di peringkat lima klasemen.

Di kala Barcelona mampu menjaga momentum kemenangan, meski pernah dua kali kalah dan empat kali imbang, Madrid malah dilanda penurunan performa. Dalam dua laga terakhirnya, El Real imbang 2-2 melawan Villarreal dan kalah 0-2 dari Real Sociedad.

Total, Real Madrid sudah kalah enam kali dan imbang tiga kali musim ini, hanya menang sembilan kali. Terlalu banyak masalah dalam skuat Madrid terkini dan ini terjadi bukan karena adanya perpecahan internal.

Baca Juga:

Punya Banderol 100 Juta Euro, Cristiano Ronaldo Tidak Masuk 10 Besar Pemain Termahal Dunia

Duet Lionel Messi dan Luis Suarez Lebih Baik daripada 16 Tim LaLiga

Rekor Miris Bale di Real Madrid: 16 Kali Cedera, 323 Hari Absen, Lewati 64 Laga

Lionel Messi di Derby Catalunya

Madrid limbung bak kapal yang oleng ketika Zinedine Zidane dan Cristiano Ronaldo meninggalkan tim di awal musim ini. Klub menunjuk Julen Lopetegui dan juga memecatnya pasca El Clasico yang berakhir 5-1 untuk kemenangan Barca.

Santiago Solari ditunjuk sebagai pelatih anyar dan performa Madrid tak juga meningkat. Jajaran direksi juga tidak banyak membantu karena belum ada nama bintang yang datang langsung sebagai pengganti Cristiano Ronaldo.

Betapa kehilangannya Madrid akan sosok pendulang gol handal seperti Ronaldo bisa dilihat dari total 26 gol yang dicetak Madrid sejauh ini. Tidak ada satu pemain menonjol yang mengambil langsung tanggung jawab megabintang berusia 33 tahun itu di lini depan.

Karim Benzema bukan striker yang mendulang 20 gol lebih tiap musimnya dan sekarang baru mencetak tujuh gol di LaLiga dari 18 laga yang sudah berlangsung.

Gareth Bale lebih parah lagi, selain baru mencetak tiga gol dari lima laga LaLiga, dia sekarang ini cedera dan berpotensi absen lama. Cedera Bale dan juga beberapa pemain lainnya: Toni Kroos, Marco Asensio, Marcos Llorente, menjadi klimaks perjalanan Madrid musim ini.

Di tengah keterpurukan Madrid itu, La Pulga alias Messi, dipelajari BolaSkor.com dari Whoscored sudah mencetak 16 gol dan memberi 10 assists dari 16 penampilannya di Barcelona. Jumlah keterlibatan langsung gol Barca yang ditorehkan Messi sudah menyamai seluruh gol Madrid musim ini, tanpa ada satu individu yang menonjol.

Perjalanan LaLiga masih panjang. Akan tapi, jika Madrid tidak segera berbenah di bursa transfer musim dingin ini, ada potensi mereka mengakhiri musim 2018-19 tanpa raihan trofi di Copa del Rey, LaLiga, dan Liga Champions.

Madrid baru meraih titel Piala Dunia Antarklub 2018 dan baru ini, memboyong Brahim Diaz dari Manchester City sebesar 22 juta poundsterling dengan kontrak berdurasi enam setengah tahun.