Miliki Pemain Berpengalaman dan Berkualitas, Timnas Spanyol Diyakini Siap Menjuarai Piala Dunia 2018

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 07 April 2018
Miliki Pemain Berpengalaman dan Berkualitas, Timnas Spanyol Diyakini Siap Menjuarai Piala Dunia 2018
Timnas Spanyol siap menjuarai Piala Dunia 2018 (Getty Images)

BolaSkor.com - Timnas Spanyol telah melalui fase transisi sejak menguasai Eropa dan dunia selama awal periode 2010-an. Berbekal banyaknya pemain Barcelona yang menjadi tulang punggung skuat Spanyol, mereka memainkan salah satu sepak bola terbaik dengan sistem bermain tiki-taka sebagai landasan permainan tersebut.

Spanyol pernah meraih dua titel Euro beruntun pada tahun 2008 dan 2012, dan di tengah periode itu, menjuarai Piala Dunia 2010. Namun, tidak ada yang abadi. Pasca kesuksesan di generasi emas tersebut, performa Spanyol juga menurun dan anti-klimaks penampilan mereka terjadi di Piala Dunia 2014. Permainan ala tiki-taka Spanyol tak lagi ampuh.

Regenerasi pun terjadi setelahnya di bawah lembaran baru Julen Lopetegui, mantan pelatih Timnas Spanyol U19, U20, dan U21. Mereka telah mengalahkan Italia dan Argentina (di laga uji coba) dalam perjalanannya menuju Piala Dunia 2018. Kini, La Furia Roja menjadi unggulan di event yang berlangsung di Rusia tersebut.

Tergabung di grup B bersama Maroko, Iran, dan juara bertahan Euro 2016, Portugal, Spanyol menjadi tim favorit juara bersama Jerman dan Brasil. Xabi Alonso, eks pemain yang berada dalam generasi emas Spanyol, menganalisa kekuatan Spanyol saat ini sebagai tim yang dapat meraih segalanya. Termasuk, menjuarai Piala Dunia untuk kedua kalinya tahun ini.

"Saya melihat Spanyol dengan segala kemungkinan untuk memenangi segalanya. Mereka punya banyak pemain yang sangat hebat, yang berpengalaman dari generasi sebelumnya, yang tahu bagaimana caranya bermain di kompetisi seperti ini (bergengsi sekaliber Piala Dunia)," papar Alonso di Marca, Jumat (6/4).

Tidak salah Alonso berpendapat seperti itu. Faktanya, cukup banyak pemain berpengalaman yang dimiliki Lopetegui dan sebagian besar, memiliki pengalaman bermain untuk klub besar Eropa dan non-Spanyol seperti: Alvaro Morata (Chelsea), Thiago Alcantara (Bayern Munchen), Pepe Reina (Napoli), David Silva (Manchester City)

Timnas Spanyol Piala Dunia 2018 Xabi Alonso Julen Lopetegui
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.167

Bagikan