Minim Menit Bermain Jadi Musuh Besar Masa Depan Timnas Inggris

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 08 September 2018
Minim Menit Bermain Jadi Musuh Besar Masa Depan Timnas Inggris
Suasana latihan timnas Inggris (Zimbio)

BolaSkor.com - Kesuksesan di masa depan ada di tangan para pemuda. Idiom tersebut juga berlaku di jagat sepak bola. Karena itulah pembibitan pemain muda menjadi titik terpenting dari kemajuan sepak bola sebuah negara.

Beberapa waktu lalu, Roberto Mancini, yang kini menjadi pelatih Italia, mengeluhkan minimnya menit bermain yang didapat pemain muda Italia di Serie A. Hal ini sejatinya sudah lama terjadi di tanah Inggris.

Dalam lebih dari setahun terakhir, pemain muda Inggris mendominasi kompetisi sepak bola Eropa, bahkan dunia. Timnas U-17 hingga U-21 mereka sukses menguasai Piala Dunia, Kejuaraan Eropa, dan berbagai ajang kejuaraan tim muda.

Tidak heran jika publik di luar Inggris kerap menyebut masa depan timnas Inggris akan cerah. The Three Lions bakal menjadi kekuatan utama sepak bola dunia di masa depan.

Perkiraan itu makin kuat saat Inggris mampu menembus semifinal Piala Dunia 2018, pencapaian terbaik mereka dalam 28 tahun. Inggris sukses menuai hasil itu dengan sebuah tim yang memiliki rata-rata usia termuda.

Meski begitu, para petinggi Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) justru cemas masa depan timnas Inggris tidak secerah yang publik di luar kira. Minimnya menit bermain pemain muda menjadi penyebabnya.

"Kolam pemain semakin kecil," demikian kata pelatih Inggris, Gareth Souhgate.

Komentar Southgate di atas berdasarkan data statistik yang menyebut pemain Inggris hanya mencatat 30,4 persen dari total 7.200 menit di Premier League musim ini. Menurun dibandingkan musim lalu yang 33 persen.

Persentase semakin kecil jika menghitung hanya di enam klub besar alias the big six. Di kelompok ini, pemain Inggris hanya mencatat 20 persen.

Sejak dimulainya musim 2018-19 ini, ada 17 pemain Inggris berusia 17-21 tahun yang tampil di Premier League. Ini merupakan angka terendah di antara lima liga besar di Eropa. Memang musim 2018-19 baru dimulai, namun jika tren ini berlanjut sangat pantas bagi FA untuk menekan tombol tanda bahaya.

Pasalnya musim lalu, angka pemain lokal di bawah 21 tahun di Premier League juga terbilang rendah, hanya 43 pemain.

Sebagai pembanding, Ligue 1 Prancis untuk musim ini saja sudah menampilkan 62 pemain lokal berusia di bawah 21 tahun. Sedangkan musim lalu mencapai 88 pemain. Seperti diketahui, Prancis merupakan juara Piala Dunia 2018.

Inggris Premier League FA Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan