Minus Manchester United, Wakil Inggris Perkasa di Eropa

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 11 Desember 2020
Minus Manchester United, Wakil Inggris Perkasa di Eropa
Chelsea (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United memang harus mengakhiri perjalanannya di ajang Liga Champions 2020-2021 lebih dini. Namun catatan minor Setan Merah itu mampu ditutupi wakil Inggris lainnya.

Kesuksesan di turnamen Eropa memang menjadi salah satu tolak ukur liga elite mana yang layak menyandang status terbaik. Premier League, LaLiga, Serie A, Bundesliga, hingga Ligue 1 bersaing ketat untuk meraih predikat tersebut.

Tersingkirnya Manchester United tentu sedikit merusak citra Inggris dan Premier League. Apalagi mereka kalah bersaing dengan Paris Saint-Germain (PSG) dan RB Leipzig yang merupakan perwakilan Bundesliga serta Ligue 1.

Baca Juga:

Potensi Mimpi Buruk Wakil Spanyol di 16 Besar

Samai Rekor Ronaldo dan Messi, Benzema Bawa Madrid ke-16 Besar Liga Champions

Jawaban Conte soal Tudingan Terlambat Ganti Pemain

Manchester City

Beruntung langkah Manchester Uniited tak diikuti wakil Inggris lainnya. Bahkan hasil yang diraih enam perwakilan negeri Ratu Elizabeth sangat bertolak belakang.

Enam klub perwakilan Inggris di Liga Champions dan Liga Europa mampu lolos ke fase gugur. Hebatnya, semuanya merebut status juara grup.

Manchester City, Liverpool, dan Chelsea yang berlaga di Liga Champions tampil perkasa di fase grup. Ketiga tim tersebut bahkan sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar sebelum melakoni laga terakhir.

Manchester City menjadi juara grup C mengungguli FC Porto di peringkat kedua. Tim asuhan pep Guardiola itu juga tak terkalahkan.

Hal serupa juga diraih Chelsea di grup E. The Blues memenangi persaingan dengan Sevilla untuk finis sebagai juara grup dengan tak terkalahkan.

Langkah lebih sulit dijalani Liverpool. The Reds memang tergabung di grup yang cukup sulit bersama dua kuda hitam, Atalanta dan Ajax Amsterdam.

Namun tim asuhan Jurgen Klopp itu tetap mampu tampil dominan dan hanya sekali kalah. Padahal badai cedera menghantam Liverpool.

Tiga wakil Inggris yang berlaga di Liga Europa yaitu Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Leicester City juga tak kalah perkasa. Mereka juga lolos ke fase gugur dengan status juara grup.

Tottenham dan Leicester menjadi yang terbaik di grup J dan G. Walapun hasil tersebut diraih dengan susah payah.

Sementara itu, langkah sempurna justru diraih Arsenal. Tim asuhan Mikel Arteta menyapu bersih enam laga di fase grup dengan kemenangan.

Arsenal

Padahal, The Gunners tampil dengan mayoritas pemain pelapis di Liga Europa. Hal ini berbanding terbalik dengan yang dialami Arsenal di ajang Premier League.

Keperkasaan para wakil Inggris akan diuji karena Liga Champions dan Liga Europa telah memasuki fase gugur. Satu kesalahan fatal bisa menghentikan langkah mereka di Eropa.

Meski gagal di Liga Champions, Manchester United masih punya kesempatan untuk menebus dosa. Mereka akan menemani Arsenal, Tottenham, dan Leicester untuk berjuang meraih trofi Liga Europa.

Liga Champions Liga Europa Manchester United Chelsea Manchester City Liverpool Arsenal Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan