BolaSkor.com - Ada misi khusus yang diusung Perbasi dan 3x3 Indonesia pada ajang Go-Jek IBL 3x3 yang dihelat di tiga kota yakni di Plaza Ambarukmo Yogyakarta (14-15 Juli), Lapangan Rampal Malang (21-22 Juli), dan Mall Kota Kasablanka Jakarta (27-29 Juli). Perbasi dan 3x3 Indonesia sebisa mungkin ingin mengumpulkan poin untuk bisa lolos ke Olimpiade Tokyo 2020.

Indonesia terbilang masih kurang dalam menyelenggarakan kompetisi 3x3 di dalam negeri sehingga tak bisa meraup poin banyak. Terlebih setelah Loop 3x3 tak lagi diadakan.

Kini Indonesia menempati peringkat 25 untuk tim putri, adapun tim putra berada di peringkat 48 dunia. Kesempatan lolos ke Olimpiade 2020 bagi tim putri masih terbuka lebar.

"Tim putra dipastikan tertutup peluangnya. Namun, kami masih berusaha mengejar poin untuk tim putri," ujar pengurus 3x3 Indonesia, Dwi Eriano, kepada wartawan saat dijumpai di Hotel Santika.

"Sebisa mungkin 3x3 Indonesia dan Perbasi akan menambah jumlah kompetisi 3x3 di setiap daerah. Seperti dulu saat Loop 3x3 yang menjangkan Sabang sampai Merauke," sambung mantan pemain Satria Muda tersebut.

Perbasi juga mengakui tengah gencar melakukan promosi kompetisi 3x3 ke beberapa daerah. Induk organisasi basket tertinggi di Indonesia itu ingin pandangan generasi muda mulai berubah.

"Satu di antaranya dengan Go-Jek IBL 3x3. Kami berusaha semaksimal mungkin agar semakin banyak kompetisi basket 3x3 yang dihelat di Indonesia," ujar Sekjen Perbasi, Budi Satridjiwandono.