BolaSkor.com - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mencoret 11 pemain Timnas Indonesia U-19/U-20 dalam pemusatan latihan (TC) di Stadion Madya, Jakarta, sejeak 23 Juli kemarin. Dari 11 nama tersebut, tiga di antaranya belum merasakan latihan sekalipun di lapangan.

11 pemain tersebut adalah Sutan Diego Armando Ondriano (Persija Jakarta), Hamsa Medari Lestaluhu (Bhayangkara FC), Figo Sapta Fahrezi (Persija Jakarta), Alif Jaelani (Barito Putera), Deka Muhammad Toha (ASAD 313), Miftahul Husyen (Bhayangkara FC), Arya Putra Gerryan S (Borneo FC), Muhammad Rifaldo Lestaluhu (Mitra Kukar), Kartika Vedhayanto Putra (PSIS Semarang), Mahmud Cahyono (PPOP DKI Jakarta), dan Muhammad Darmawan (PPLP DKI).

Tiga nama yakni Rifaldo Lestaluhu, Kartika Vedhayanto Putra, dan Hamsa Lestaluhu dicoret serta belum sekalipun ikut lathan di lapangan. Rifaldo pun merasa kebingungan. Padahal sudah sampai sejak 24 Juli lalu.

"Iya benar, saya dan beberapa pemain lainnya dipulangkan. Saya bingung padahal belum ikut latihan sama sekali," kata Rifaldo.

Baca Juga:

Daftar 11 Pemain Timnas Indonesia U-19 yang Dicoret, Ada Sutan Zico

5 Striker Lawan Berpotensi Repotkan Elkan Baggott saat Bela Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia

"Sampai kemarin masih di karantina tapi pas pencoretan, saya juga dicoret. Saya dari Ambon pas sampai di hotel disuruh karantina sampai kemarin baru di tes swab lagi, terus malamnya sudah ada pencoretan. Yang lain sudah latihan tiga hari. Tapi saya sama sekali belum ikut. Sama seperti Veda (Kartika Vedhayanto Putra) dan Hamsa Lestaluhu," tambahnya.

Timnas Indonesia U-19 menjalani TC untuk mengikuti Piala Asia U-19 2020 yang akan berlangsung 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan. Skuat Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Rencananya, TC Timnas Indonesia U-19 akan berakhir pada 15 Agustus 2020 bersamaan dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia Senior. Selanjutnya, Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan berangkat ke luar negeri untuk jalani TC di hari berikutnya.

Korea Selatan menjadi opsi pertamanya. Namun, PSSI menjajaki alternatif lokasi TC selain Korea Selatan, yakni Belanda, Jerman, atau Prancis.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, memberikan tanggapan. Menurutnya itu wewenang Shin Tae-yong, tak ada intervensi dari PSSI.

”Pemanggilan dan pemulangan pemain itu wewenang pelatih,” tegas Indra Sjafri kepada BolaSkor.com.