BolaSkor.com - Anda penggemar MotoGP? Jika ya, Anda pasti sudah sering melihat pembalap meregangkan kaki dari footpeg dalam kondisi mengerem jelang melibas tikungan.

Pertanyaan terbesarnya apa tujuan dari gerakan tersebut? Teori pertama terkait center of gravity atau pusat gaya gravitasi.

Simpelnya dalam kecepatan motor saat masuk tikungan sekitar 100-200 km/jam, gerakan meregangkan kaki berpengaruh besar terhadap kestabilan motor. Karena dalam kondisi motor tegak menuju berbelok bakal terjadi perubahan arah gaya.

Menariknya teori center of gravity pernah dibantah oleh pembalap yang kali pertama menerapkan gaya meregangkan kaki sebelum masuk tikungan Valentino Rossi.

Ya, Rossi melakukannya kali pertama di tikungan terakhir lomba pada Sirkuit Jerez tahun 2005 untuk mengalahkan rivalnya, Sete Gibernau.

Setelah momen itu, banyak yang meniru gaya Rossi. Dari Marco Melandri, Loris Capirossi sampai Casey Stoner.Kini bisa dibilang mayoritas pembalap melakukan gerakan meregangkan kaki.

"Tidak ada alasan khusus saya melakukannya. Semua berjalan natural," kata Rossi setiap kali ditanya alasan meregangkan kaki sebelum menikung.

(klik Halaman Berikutnya)