Momen-momen Bersejarah dalam Karier Der Bomber, Gerd Muller

Arief HadiArief Hadi - Senin, 16 Agustus 2021
Momen-momen Bersejarah dalam Karier Der Bomber, Gerd Muller
Gerd Muller (Twitter)

BolaSkor.com - Dunia sepak bola berduka menyusul kabar meninggalnya ikon sepak bola Jerman, Gerd Muller. Legenda Bayern Munchen meninggal dunia pada usia 75 tahun setelah lama bertarung melawan penyakit Alzheimer.

"Hari ini dunia FC Bayern bersama. Klub dan semua penggemarnya berduka atas kematian Gerd Muller, yang meninggal pada Minggu pagi di usia 75 tahun," demikian pernyataan di laman resmi Bayern.

"Muller membuat sejarah dengan Bayern dan tim nasional Jerman. Dia mencetak 566 gol yang luar biasa dalam 607 penampilan kompetitif untuk Bayern dan masih memegang rekor gol terbanyak yang dicetak di Bundesliga dengan 365 gol, serta menjadi pencetak gol terbanyak tujuh kali. Dia punya 68 gol dalam 62 caps untuk tim nasional."

Presiden Bayern Herbert Hainer juga menyampaikan ucapan belasungkawa mengenang Gerd Muller yang bermain di Bayern selama 15 tahun.

Baca Juga:

Lewandowski Pecahkan Rekor Gerd Muller dengan Cara Dramatis

Legenda Jerman dan Bayern Munchen, Gerd Muller Meninggal Dunia

3 Fakta Menarik Omar Richards, Rekrutan Baru Bayern dari Inggris

"Hari ini adalah hari yang menyedihkan dan kelam bagi FC Bayern dan semua penggemarnya. Gerd Muller adalah striker terhebat yang pernah ada, dan orang yang baik dan karakter sepak bola dunia," imbuh Hainer.

"Kami semua bersatu dalam duka yang mendalam dengan istrinya Uschi serta keluarganya. FC Bayern tidak akan menjadi klub yang kita semua cintai hari ini tanpa Gerd Müller. Nama dan ingatannya akan hidup selamanya."

Dikenang sebagai salah satu penyerang terbaik dunia sepanjang masa, BolaSkor.com coba mengenang momen-momen terbaik dari sang legenda sepanjang kariernya:

1. Fat Little Muller

1964 menjadi tahun bersejarah Gerd Muller. Pada usia 18 tahun Muller meninggalkan klub kampung halamannya, Nordlingen di Bavaria dan bergabung dengan Bayern Munchen.

Pada awalnya pelatih Bayern, Zlatko Cajkovski tidak terkesan dengan Muller dan menjulukinya sebagai 'fat little Muller' atau Si Kecil Gendut Muller. Akan tapi pada akhirnya persepsi itu berubah seiring berjalannya waktu hingga ia mendapatkan julukan Der Bomber.

2. Titel Eropa Pertama

Setelah memenangi DFB Pokal dengan Bayern pada 1966, Gerd Muller muda membantu tim Bavaria mengangkat trofi internasional pertama mereka yakni Piala Winner UEFA pada 1996-1967.

Di musim yang sama juga Muller menjadi top skorer Bundesliga dengan 28 gol, serta tujuh gol di DFB Pokal, membawa Bayern dua kali beruntun menjadi juara DFB Pokal.

3. Menikah dengan Uschi Ebenbock

Tidak lama setelah melakukan selebrasi dengan keberhasilan memenangi trofi, Muller kemudian menikah dengan Uschi Ebenbock pada Agustus 1967. Pernikahan itu langgeng hingga kini dan mereka dikaruniai putri bernama Nicole.

4. Top Skorer Natural

"Robert (Lewandowski) jelas seorang striker hebat, tetapi dia tidak mencetak gol seperti Gerd, dengan tulang kering, dada, atau lututnya," kata Uli Hoeness, legenda sepak bola Jerman kepada Munchner Merkur.

"Gerd tidak peduli bagaimana dia memasukkan bola, itu hanya harus mengarah ke mana saja. Robert memukulnya ke bagian belakang gawang, tetapi dengan Gerd, terkadang bola hanya berhenti satu inci di atas garis gawang."

Pengakuan yang tidak salah dari sosok legendaris lainnya. Faktanya Muller striker yang tidak lazim alias unik, sebab dengan kaki pendek dan khususnya berada rendah di pusat gravitasi, Muller dapat mencetak gol dari banyak posisi.

Mulai dari situasi menanduk bola, sembari jatuh, dengan bagian belakang kaki dan banyak lagi. Dia mencetak rekor 365 gol dari 427 laga di Bundesliga.

5. Tak Tergantikan di Timnas Jerman (Barat)

Berbicara mengenai Jerman Barat di masa lalu tidak lepas dari Gerd Muller. 10 golnya pada Piala Dunia 1970 di Meksiko membawanya sebagai peraih Sepatu Emas alias gelar top skorer. Muller juga krusial kala ia mencetak gol penentu kemenangan melawan Inggris di perempat final.

Dua tahun berselang Muller membawa Jerman Barat juara Piala Eropa 1972 kala mereka menang 3-0 atas Uni Soviet (Muller mencetak dua gol). Muller juga membawa timnas juara Piala Dunia 1974 (Jerman menang 2-1 atas Belanda dan Muller mencetak satu gol). Total Muller punya 62 caps dan 68 gol dengan timnas.

6. Kesuksesan di Bayern

Selama 15 tahun membela Bayern (1964-1979) Muller memenangi empat titel Bundesliga, empat DFB Pokal, dan tiga trofi Liga Champions. Bersama dengan Sepp Maier (kiper) dan Franz Beckenbauer (bek) ketiganya menjamin kesuksesan untuk Bayern.

7. Penghujung Karier

MLS (Major League Soccer) identik dengan destinasi akhir para pesepak bola top Eropa di penghujung kariernya di masa kini. Di masa lalu juga demikian kala Muller bermain dengan Fort Lauderdale Strikers pada medio 1979-1981.

Selama tiga musim bermain Amerika di masa lalu dengan nama liga NASL Muller mencetak 38 gol dari 71 pertandingan.

8. Perpisahan dengan Bayern Munchen

Pada 1983 Muller masuk ke lapangan untuk terakhir kali untuk memainkan laga testimoni perpisahannya. Di kala itu juga Muller bermasalah dengan alkohol.

Akan tapi dengan bantuan Uli Hoeness yang juga sahabat serta mantan rekan setimnya, Muller melalui masa sulit. Pada 1992 Muller menjadi asisten pelatih untuk tim amatir sebelum berjibaku dengan Alzheimer kala mendekati usia 70 tahun.

Breaking News Trivia Sepak Bola Gerd Muller Sosok Bayern Bayern munchen
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan