BolaSkor.com - Penyelenggaraan Moto3 kembali kacau. Kali ini kecelakaan horror terjadi di Moto3 Amerika pada Minggu (3/10).

Pada ajang tersebut, pembalap Red Bull KTM Tech3, Deniz Oncu melakukan aksi berbahaya dengan memotong racing line pembalap Indonesia Gresini Racing, Jeremy Alcoba. Hal ini membuat pembalap asal Spanyol itu terjatuh.

Kejadian ini ternyata memberikan efek domino kepada pembalap lainnya. Andrea Migno dan Pedro Acosta terpental ke udara karena menabrak motor Alcoba. Beruntung kejadian ini tidak memakan korban jiwa.

Akibat peristiwa mengerikan ini, Valentino Rossi angkat bicara. Pembalap berjuluk The Doctor itu mengkritik aksi Deniz Oncu yang dapat membahayakan keselamatan rekan seprofesinya.

Baca Juga:

Podium Kedua Rasa Juara untuk Quartararo

Podium Ketiga Tak Membuat Bagnaia Tersenyum

“Deniz diberikan penalti tidak balapan selama dua Grand Prix? Menurut saya penalti itu benar, ini merupakan hukuman minimal, situasi saat itu sangat kacau,” ucap Rossi.

“Deniz melakukan manuver berbahaya, sangat bagus membuat dia tetap di rumah karena tidak ikut dua balapan. Balap motor sangat berbahaya saat tidak menghormati lawanmu. Ini lebih penting dibandingkan meraih posisi. Beberapa manuver menimbulkan potensi berbahaya,” sambungnya.

Menurut Rossi, permasalahan paling mendasar dari kejadian ini terletak pada cara didik para pembalap muda. Mereka diajari sejak kecil untuk balapan dengan agresif tanpa mempedulikan pembalap disekitarnya.

“Masalahnya mereka semua gila dan sangat agresif, mereka diajari sejak kecil untuk bersikap sangat agresif. Hal ini berpotensi melukai semua orang. Mereka gila, sesuatu harus dilakukan, kita selalu bilang untuk beberapa waktu kamu tidak bisa mengubah trajectori menjadi garis lurus,” kata Rossi dengan nada kesal.

Penulis: Bintang Rahmat