MotoGP Indonesia, Hanya Cadangan atau Punya Hak Istimewa?

Andhika PutraAndhika Putra - Sabtu, 07 November 2020
MotoGP Indonesia, Hanya Cadangan atau Punya Hak Istimewa?
MGPA

BolaSkor.com - Dorna merilis kalender balapan resmi untuk MotoGP 2020. Di dalamnya terdapat seri Indonesia yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Namun, Dorna masih menaruh Indonesia pada daftar reserved list bersama Portugal dan Rusia. CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, belum menjamin apakah ketiga seri tersebut bisa dihelat musim depan.

“Kami punya dua seri cadangan di Eropa, Portimao dan Russia, dan Mandalika di Indonesia. Semua tergantung jarak yang ada dan kami akan memutuskan apakah perlu atau tidak memasukkan seri Grand Prix tersebut dalam kalender," ujar Ezpeleta.

Pernyataan Dorna itu justru berbanding terbalik dengan klaim Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Melalui rilis resmi, MGPA menyebut MotoGP Indonesia masuk daftar reserved date.

“Indonesia masuk dalam reserve date, di mana Indonesia diberikan perlakuan khusus yaitu Indonesia menentukan sendiri kapan waktu pelaksanaan yang terbaik menurut MGPA," tulis MGPA.

Baca Juga:

Dapat Lampu Hijau, Rossi Bisa Tancap Gas Lagi di MotoGP Eropa

Dorna Rilis Jadwal Sementara MotoGP 2021, Ada Nama Indonesia

Reserve date memang tidak umum dan hanya negara tertentu yang bisa mendapat perlakukan khusus ini. Dengan adanya reserve date, Indonesia akan memiliki waktu yang fleksibel untuk melihat apakah tanggal tersebut nantinya akan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.”

Sejauh ini, Sirkuit Mandalika yang menjadi venue MotoGP Indonesia masih dalam tahap pembangunan. Sebelum bisa digunakan, Sirkuit Mandalika perlu melakukan proses homologasi terlebih dahulu.

“Fokus kami tetap sama yaitu menyelesaikan konstruksi dan proses homologasi serta kesiapan operasional untuk 2021," kata CEO MGPA, Ricky Baheramsjah.

Breaking News Motogp MotoGP 2021 MotoGP Indonesia MGPA Sirkuit Mandalika
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan