BolaSkor.com - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez berhasil membungkam rival-rivalnya saat sesi kualifikasi MotoGP Jepang. Pembalap berjuluk The Baby Alien ini berhasil membuat kejutan dengan merebut pole position.

Sebelumnya sesi kualifikasi MotoGP Jepang sempat tersendat akibat hujan deras yang mengguyur Sirkuit Motegi. Akibat kondisi ini, sesi FP3 dibatalkan, sedangkan kualifikasi harus diundur satu jam dari jadwal yang sudah ditentukan.

Di tengah lintasan basah Sirkuit Motegi, Marquez berhasil membuktikan levelnya di hadapan kompetitornya. Pembalap asal Spanyol itu berhasil membuat keajaiban usai mencatatkan waktu tercepat, yakni 1 menit 55.412 detik.

“Saya sangat senang, ini pole position di kondisi basah, tetapi saat ini semuanya terasa penting. Saya pikir ini menjadi stimulus bagi saya dan Honda, kita merasa sangat baik sejak awal di cuaca ini dan pada akhirnya terbukti lewat time trial,” kata Marquez, dikutip dari motogp.com.

“Kita tahu bahwa balapan nanti akan kering dan semua ga menjadi berbeda. Tetapi sekarang kita harus menikmati momen ini,” lanjutnya.

Menurut Marquez, keberhasilan ini sekaligus menjadi bukti dari peningkatan performanya. Setelah sekian lama, peraih enam kali gelar juara MotoGP ini akhirnya mendapatkan kembali feeling terbaik di atas Honda RC213V.

“Hari ini merupakan pertama kalinya saya bisa berkendara seperti yang saya inginkan, seperti yang saya tuju, sudah sekian lama sejak saya merasa seperti ini di atas motor. Saya ulangi, balapan akanenkadi cerita berbeda, tetapi kita harus menikmatinya setelah semua masa sulit yang sudah kita lalui di beberapa tahun terakhir,” ujar Marquez.

“Saya masih belum kembali ke kondisi terbaik, meskipun saya sudah berkendara lebih bersih dibandingkan sebelumnya. Saya tidak tahu apakah bisa kembali ke kondisi yang saya inginkan di masa depan. Balapan kering akan terasa panjang dan saya akan alami kesulitan. Bagaimanapun sangat penting untuk menikmati rasa puas ini, tidak penting apakah hasil positif ini diraih dalam kondisi lintasan basah,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pada starting grid balapan nanti, posisi kedua berhasil diraih oleh Johann Zarco. Pembalap Pramac Ducati itu berhasil mencatatkan waktu 1 menit 55.620 detik. Ada pun posisi ketiga ditempati oleh pembalap KTM, Brad Binder dengan catatan waktu 1 menit 55.735 detik.

Penulis: Bintang Rahmat