MotoGP Malaysia: Bagnaia Menang, Gelar Juara Dunia Ditentukan di Valencia

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 23 Oktober 2022
MotoGP Malaysia: Bagnaia Menang, Gelar Juara Dunia Ditentukan di Valencia
Francesco Bagnaia (twitter/ducaticorse))

BolaSkor.com - Pembalap tim Ducati Francesco Bagnaia memenangi Grand Prix Malaysia pada Minggu (23/10), namun harus melanjutkan perburuan gelar juara dunia ke Valencia setelah Fabio Quartararo menjaga asanya dengan finis ketiga di Sirkuit Sepang.

Enea Bastianini sempat memberi perlawanan sebelum finis kedua, namun rider Gresini itu sudah terlempar dari persaingan gelar musim ini karena berjarak 47 poin dari Bagnaia. Demikian pula Aleix Espargaro dari tim Aprilia yang finis P11 hari ini.

Menuju balapan penutup musim di Valencia, Bagnaia kini mengantongi keunggulan 23 poin dari Quartararo berkat kemenangan ketujuhnya pada musim ini.

Mengetahui rivalnya tinggal membutuhkan tiga poin saja di seri penentuan, Quartararo menatap segala peluang yang ada di Spanyol nanti.

"Saya merasa baik, sudah lama tidak finis podium. Saya berjuang maksimal hari ini... Ini salah satu balapan terbaik musim ini," kata Quartararo usai lomba.

"Ke Valencia, meski peluangnya sangat kecil, kami ingin mengerahkan segalanya di Valencia."

Start dari P9, Bagnaia meluncur dengan baik setelah lampu merah padam hingga naik ke posisi kedua menuju tikungan pertama di belakang polesitter Jorge Martin dan di depan Enea Bastianini.

Quartararo, yang berupaya membalikkan keadaan dari P12, juga merangsek ke lima besar pada lap pertama. Pada lap ketujuh, Bagnaia mengambil alih pimpinan lomba setelah Martin terjatuh.

Pada lap ke-11, Enea Bastianini, yang juga masih berpeluang dalam perebutan gelar, melakukan manuver untuk menyalip Bagnaia dan mengambil alih pimpinan lomba dari calon rekan satu timnya di tim Ducati pabrikan itu,

Tiga lap berselang, Bagnaia merestorasi posisinya dan Bezzecchi memangkas jaraknya menjadi 0,4 detik di belakang Quartararo. Bagnaia mengunci kemenangan 0,270 detik di depan kompatriot itu.

Quartararo melengkapi podium untuk memaksa perebutan gelar juara ditentukan di seri penutup musim Valencia dua pekan berselang.

Motogp Francesco Bagnaia
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.060

Bagikan