MotoGP: Melaju Kencang Sampai Mencetak Sejarah

Andhika PutraAndhika Putra - Selasa, 31 Mei 2022
MotoGP: Melaju Kencang Sampai Mencetak Sejarah

BolaSkor.com - Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin, berhasil membuat kejutan. Di tengah hasil buruk yang diraihnya pada MotoGP Italia, Minggu (29/5), Martin mampu mencetak sejarah.

Tercatat pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Mugello, Martin gagal memenuhi ekspektasi Ducati. Pembalap asal Spanyol itu hanya mampu finish di posisi ke-13.

Martin mengaku kegagalan ini tidak terlepas dari nasib buruk yang dialaminya. Salah satunya ketika Martin harus memulai balapan dari posisi ke-14.

“Tentu saja, memulai dari posisi belakang tidak membantu sama sekali. Lap pertama sangat gila, saya mencoba menyalip beberapa pembalap, tetapi mereka bisa melawannya. Sangat sulit untuk bersaing memperebutkan posisi bagus di awal balapan,” kata Martin, dikutip dari speedweek.com.

Kondisi Martin semakin diperparah saat kendala teknis mulai muncul di pertengahan balapan. Motor yang dikendarainya mengalami kerusakan di bagian gearbox.

Baca Juga:

Biaggi Seperti Bercermin Kala Lihat Bastianini

Kualifikasi MotoGP Italia: Pembalap Tuan Rumah Unjuk Gigi

“Di lap keenam saya mengalami masalah di gearbox karena tidak bisa mengganti gigi dua ke tiga dengan mudah. Hal ini menghabiskan banyak waktu. Saya juga mengalami masalah di tikungan terkahir dan pertama karena tidak bisa mengganti gigi. Saya terjebak di gigi tinggi. Terkadang saya harus mengoperasikan tuas gigi sebanyak empat hingga lima kali agar bisa berganti gigi,” jelas Martin.

Namun di tengah keterpurukan ini, Martin berhasil menorehkan catatan positif. Secara mengejutkan pembalap berumur 24 tahun itu mencetak rekor tercepat sepanjang sejarah di MotoGP Italia.

Berdasarkan alat pemantau kecepatan, Martin mampu melaju hingga 363,6 km/jam. Prestasi ini diraih saat melintasi lurusan Sirkuit Mugello yang berjarak 1,1 km.

“Ini sangat berbahaya karena ketika kamu memasuki tikungan pertama terasa mengagumkan melihat angin menggerakkan motor. Atau ketika kami berada dekat dengan pembalap lain yang mengeluarkan kakinya. Tetap, feeling terasa baik karena bisa melaju dengan cepat,” tutup Martin.

Sebagai informasi, rekor kecepatan tertinggi di Sirkuit Mugello sebelumnya dipegang Brad Binder. Pembalap KTM Red Bull itu berhasil mencatatkan rekor kecepatan 362.4 km/jam saat menjalani sesi latihan bebas ketiga pada musim 2021 silam.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Motogp Motogp 2022 Jorge Martin
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan