Motopedia: Arti Warna Bendera di MotoGP yang Wajib Dipahami Pembalap

Andhika PutraAndhika Putra - Sabtu, 03 Oktober 2020
Motopedia: Arti Warna Bendera di MotoGP yang Wajib Dipahami Pembalap
Bendera Merah

BolaSkor.com - Balapan MotoGP tak hanya berisi adu cepat para pembalap saja. Beberapa bendera turut menghiasi jalannya lomba.

Setiap bendera yang dikibarkan panitia balapan, memiliki makna yang berbeda. Para rider MotoGP wajib paham arti dari warna yang dikibarkan.

Baca Juga:

Franco Morbidelli Tak Mau Adu Gagah dengan Valentino Rossi

Marc Marquez Kesal Lihat Persaingan MotoGP 2020

Pentingnya para pembalap mengetahui arti dari warna bendera penting demi keselamatan bersama. Ada beberapa bendera yang dikibarkan karena terjadi insiden di lintasan.

Jumlah bendera di MotoGP ada puluhan. Namun, hanya beberapa yang kerap dikibarkan saat balapan.

Berikut ini, BolaSkor akan coba membagikan beberapa warna bendera yang ada di MotoGP, sebagai pedoman agar mengetahui situasi balapan.

Arti dari Bendera di MotoGP:

  • Bendera Biru

Bendera menandakan pembalap harus membiarkan rider yang ada di belakangnya untuk menyalip. Situasi di mana bendera ini dikibarkan saat terjadi overlap

  • Bendera Hijau

Bendera ini acap kali muncul saat latihan bebas dan pemanasan. Saat bendera ini dikibarkan, para pembalap segera bersiap keluar lintasan.

  • Bendera Kuning

Saat bendera ini dikibarkan, para pembalap wajib waspada. Ada situasi berbeda di mana marshall mengeluarkan bendera kuning.

Jika balapan tengah berlangsung dan bendera kuning dikibarkan, artinya ada sektor di trek yang berbahaya. Saat bendera ini dikibarkan, pembalap wajib melambatkan motor dan dilarang menyalip.

  • Chequered Flag

Bendera ini paling dinanti pembalap yang ada di urutan terdepan. Artinya, saat bendera chequered dikibarkan, balapan telah selesai.

  • Bendera Merah

Bendera ini bisa diartikan sebagai tanda bahaya. Saat bendera merah berkibar, setiap rider harus melambat dan kembali ke pit sesegera mungkin.

  • Bendera Hitam

Bendera ini jarang dikibarkan, tetapi jika marshall mengeluarkan bendera hitam, artinya ada pembalap yang melakukan kesalahan fatal. Marc Marquez pernah merasakan pedihnya bendera hitam pada MotoGP 2013 karena mengabaikan peringatan mengganti motor dan mendapat diskualifikasi.

  • Bendera Putih

Bendera ini berkibar saat lintasan mulai turun hujan. Setiap pembalap wajib kembali ke pit dan mengganti motor.

Breaking News Motogp MotoGP 2020
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan