MU Santun di Derby Manchester, Rio Ferdinand Sindir Solskjaer

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 15 Desember 2020
MU Santun di Derby Manchester, Rio Ferdinand Sindir Solskjaer
Harry Maguire dan John Stones (Twitter)

BolaSkor.com - Keramahan yang tersaji pada Derby Manchester edisi pertama musim ini kian mendapat sorotan. Setelah Roy Keane, kini giliran Rio Ferdinand yang angkat bicara.

Duel Manchester United kontra Manchester City pada pekan ke-12 Premier League 2020-2021 di Old Trafford, Minggu (13/12) dini hari WIB berakhir imbang 0-0. Hal ini menandakan kekuatan kedua tim cukup berimbang.

Masalahnya, kedua tim tampil tak sesuai ekspektasi di laga derby. Manchester United dan Manchester City tampil kurang gereget dan terlalu berhati-hati sehingga pertandingan berjalan monoton.

Hal itu diperparah dengan pemandangan yang terlihat usai pertandingan. Para pemain kedua tim tampak akrab melupakan rivalitas antara klub yang dibelanya.

Baca Juga:

Kisah Gerard Houllier Tak Sengaja Bantu MU Dominasi Premier League

Donny van de Beek Buat Kesalahan Gabung Manchester United

Legenda MU Bingung dengan Keakraban Para Pemain di Derby Manchester

Ole Gunnar Solskjaer

"Dua kartu kuning dalam pertandingan derby. Saya belum pernah melihat begitu banyak pelukan dan obrolan setelah pertandingan. Ini pertandingan derby!" sindir Roy Keane kepada Sky Sports.

Salah satu yang menjadi sorotan tentu pelukan Harry Maguire kepada John Stones. Hal itu dianggap tidak pantas karena bek berusia 27 tahun itersebut bertindak sebagai kapten.

Ferdinand menyebut pemandangan pemain Manchester United memeluk pemain Manchester City tidak akan terjadi saat Sir Alex ferguson masih berkuasa. Apalagi hal itu dilakukan seorang kapten.

"Generasi baru itu berbeda, kita tidak bisa mengharapkan mereka sama seperti kita dulu. Kami tidak memeluk dan mencium pemain Man City atau pemain Liverpool mana pun saat kami bermain karena itu hanya tentang persaingan yang gila," kata Ferdinand kepada FIVE.

"Saya bergaul dengan Joleon Lescott, Vinny Kompany, Joe Hart, Gareth Barry, semua pemain yang bermain untuk Man City pada saat itu. Namun selama ini kami tidak dekat dan pelukan tidak akan menjadi bagian dari pertemanan ini."

Ferdinand juga menceritakan betapa marahnya Ferguson ketika Ruud van Nistelrroy bertukar kostum dengan pemain Manchester City seusai laga Derby. Hal itu benar-benar tidak bisa dilupakannya.

“Sir Alex Ferguson menjadi gila, dia tidak menjadi merah tapi ungu. Dia berkata (kepada Nistelrooy) agar jangan pernah masuk ke ruang ganti setelah derby dengan jersey mereka," tambahnya.

Meski begitu, Ferdinand tak sepenuhnya menyalahkan pemain Manchester United. Ia menilai zaman sudah berbeda.

Secara tak langsung, Ferdinand justru menyindir Solskjaer. Manajer Manchester United tersebut dianggapnya punya tanggung jawab menjelaskan betapa pentingnya arti laga derby kepada para pemainnya saat ini.

“Apakah ada seseorang yang melihat foto kapten (Maguire) sedang memeluk salah satu pemain (Man City)? Mereka mungkin teman, itu adil, tidak apa-apa," kata Ferdinand lagi.

"Namun adakah seseorang di sana yang berkata, 'dengar, kami tidak melakukan itu di sini, apa yang anda lakukan?'. Siapa orang yang mengatakan itu padanya? Itulah perbedaannya."

Solskjaer merupakan bagian dari skuat Manchester United asuhan ferguson. Ia tentu juga merasakan pengalaman yang diceritakan Ferdinand.

Manchester United Manchester City Derby Manchester Ole gunnar Solskjaer Rio Ferdinand Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan