Muda dan Berbahaya, 5 Pembalap Debutan Bakal Unjuk Gigi di MotoGP 2022

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 10 Januari 2022
Muda dan Berbahaya, 5 Pembalap Debutan Bakal Unjuk Gigi di MotoGP 2022

BolaSkor.com - MotoGP 2022 tidak hanya menyajikan aksi Fabio Quartararo dalam memertahankan gelar juara saja. Pada musim ini juga akan dibumbui persaingan para pembalap rookie.

Tercatat sebanyak lima pembalap rookie ikut berpartisipasi di musim ini. Lebih banyak dibandingkan musim lalu yang hanya berjumlah empat pembalap saja.

Nantinya kelima pembalap ini bersaing ketat untuk memperebutkan gelar Rookie of The Year 2022. Masing-masing dari mereka akan saling unjuk gigi untuk membuktikan kemampuannya. Berikut kita lihat siapa saja pembalap rookie tersebut.

Marco Bezzecchi

Marco bukanlah nama baru dalam dunia balap Grand Prix. Pembalap asal Italia ini tercatat memiliki pengalaman selama tujuh tahun dengan rincian empat tahun di Moto3 dan tiga tahun di Moto2.

Namun sayangnya prestasi Marco tidak terlalu bersinar. Posisi ketiga merupakan pencapaian terbaik Marco selama berkarier di kelas Moto3 dan Moto2. Itupun hanya bisa didapat selama satu kali, yakni musim 2018 (Moto3) dan 2021 (Moto2).

Baca Juga:

Shin Tae-yong Jadi Inspirasi untuk Kebut Persiapan MotoGP Mandalika 2022

Dengan Segala Cara, Yamaha Akan Pertahankan Quartararo

Namun hasil kurang memuaskan ini tidak membuat Marco kehilangan kepercayaan dari Valentino Rossi. Pembalap akademi VR46 ini justru direkrut The Doctor untuk masuk ke timnya, Mooney VR46. Nantinya Marco akan ditandemkan dengan saudara Rossi, Luca Marini.

Fabio Di Giannantonio

Fabio menjadi pembalap rookie kedua yang akan meramaikan musim 2022. Jebolan Moto2 ini akan bersaing bersama Enea Bastianini di bawah bendera Gresini Racing.

Tercatat selama berkarier di kelas Moto2 sejak musim 2019 hingga 2021, Fabio berhasil mengoleksi satu kali kemenangan dan delapan podium. Lalu saat menjalani musim terakhirnya, Fabio menempati posisi ketujuh di klasemen akhir.

Remy Gardner

Peraih gelar juara Moto2 2021 ini akan menjalani debutnya di kelas premier bersama KTM Tech3. Uniknya pada balapan nanti, Remy tidak dipasangkan dengan pembalap senior layaknya rookie lainnya. Pembalap asal Australia ini justru ditandemkan dengan pembalap rookie lain, yakni Raul Fernandez.

Kendati demikian, banyak pihak yang percaya Remy dapat berbicara banyak pada balapan di musim ini. Bahkan tidak sedikit yang memprediksi Remy mampu meraih gelar Rookieof The Year.

Raul Fernandez

Debut Raul pada MotoGP musim ini terbilang unik. Pasalnya pembalap asal Spanyol itu dipertemukan kembali Dengan rekannya saat berada di Moto2, Remy Gardner.

Saat berada di Moto2, Raul dan Remy berada di bawah satu bendera yang sama, yakni Red Bull KTM Ajo. Keduanya mampu menjadi pembalap paling dominan saat itu.

Jika dilihat dari statistik, Raul berhasil meraih total 12 podium, 8 kemenangan, dan 7 pole position. Sementara Remymampu mengoleksi 12 podium, 5 kemenangan, dan tiga pole position.

Meskipun keduanya berstatus sebagai rekan, Raul dan Remy sering terlibat persaingan sengit dalam memperebutkan gelar juara Moto2 2021. Sayangnya Raul gagal mengunci gelar tersebut. Raul harus mengakui kehebatan satu timnya.

Darryn Binder

Berbeda dari rookie lainnya, Darryn naik ke kelas premiertidak melalui penjenjangan secara bertahap. Saudara dari BradBinder ini ditarik oleh WithU Yamaha RNF langsung dari Moto3. Nantinya Darryn akan dipasangkan dengan Andrea Dovizioso.

Keputusan WithU Yamaha untuk merekrut Darryn ternyata menimbulkan polemik tersendiri. Pasalnya banyak pembalap lain yang tidak setuju karena Darryn dianggap dapat membahayakan pembalap lain.

Penolakan ini terjadi saat pembalap asal Afrika itu dengan sengaja melakukan manuver berbahaya kepada Dennis Fogiadi Moto3 Algarve pada 11 November lalu. Akibat kejadian itu kans Dennis untuk meraih gelar juara hilang karena mengalami kecelakaan.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Motogp Motogp 2022
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan