BolaSkor.com – Manajer Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku sudah cukup bisa beradaptasi dengan suasana di Indonesia. Baik dengan cuaca, bahasa, maupun makanan yang ada Indonesia.

Hal itu disampaikan Shin Tae-yong saat memimpin seleksi tahap pertama Timnas Indonesia U-19/U-20 Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (13/1).

Pelatih asal Korea Selatan itu memang sudah berada di Indonesia hampir sepekan lamanya. Sejak ditentukan sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Butuh Waktu untuk Pelajari Kemampuan Pemain Timnas Indonesia U-19

Menpora Sebut Presiden Jokowi Senang Shin Tae-yong Latih Timnas Indonesia

“Untuk adaptasi masalah cuaca saya tidak ada masalah. Masalah makanan juga tidak beda jauh resepnya dengan makanan Korea Selatan, jadi saya senang. Di Indonesia saya sangat suka dengan nasi goreng,” kata Shin Tae-yong.

Tidak hanya itu saja, pelatih yang berhasil mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018 lalu itu pun perlahan mulai bisa sedikit berbahasa Indonesia. Ketika sampai di lapangan, ia menyapa awak media dengan ucapan selamat sore.

Setelah memimpin latihan pun, Shin Tae-yong memamerkan perkembangan kemampuan Bahasa Indonesia-nya, di hadapan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali serta Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan.

"Hai, Apa, Siapa, Ke mana, Kapan," katanya disambut tawa Menpora dan Iwan Bule.

Shin Tae-yong menjadi manajer pelatih Timnas Indonesia dengan kontrak 4 tahun. Ia menjadi supervisi seluruh Timnas Indonesia, dari Senior, U-23, U-19/U-20, dan U-16.

Setiap Timnas Indonesia level junior mempunyai pelatih kepala. Timnas Indonesia U-23 ada Indra Sjafri, Gong Oh-kyun di Timnas Indonesia U-19/U-20, dan Bima Sakti tetap tangani Timnas Indonesia U-16. Untuk Indra Sjafri, pelatih asal Sumatera Barat itu juga jadi asisten pelatih Timnas Indonesia Senior.

Mereka dibantu Nova Arianto sebagai asisten pelatih di Timnas Indonesia U-19.U-20. Lalu Kim Hae-woon jadi pelatih kiper (Senior, U-23, dan Timnas Indonesia U-19/U-20), dan asisten di Timnas Indonesia Senior. Kemudian dibantu pelatih fisik di seluruh level Timnas Indonesia yakni Lee Jae-hong.

Sementara itu, para asisten pelatih Timnas Indonesia U-16 tidak diubah, masih Firmansyah dan Indriyanto Nugroho. Begitupun pelatih kiper Timnas Indonesia U-16 masih Markus Horison.