BolaSkor.com - Seiring jalannya waktu, Fabinho menjelma menjadi pilar penting dalam skuat Liverpool. Sempat diragukan, gelandang asal Brasil tersebut kini menjadi pilihan utama Jurgen Klopp.

Liverpool memang menelan kekalahan 0-2 saat tandang ke markas Napoli di ajang Liga Champions tengah pekan kemarin. Akan tetapi ada sebuah momen menarik yang terjadi dalam laga tersebut.

Momen yang terjadi saat pertandingan berjalan sepuluh menit menunjukkan betapa pentingnya kehadiran Fabinho di lini tengah The Reds.

Baca Juga:

Performa Roberto Firmino: Sulit Dinilai dari Statistik, Penuh Pengorbanan untuk Liverpool

Jelang Chelsea Vs Liverpool: Wasit Hadirkan Kenangan Buruk The Blues

Saat itu gelandang Napoli Fabian Ruiz menguasai bola di daerahnya sendiri. Ruiz memiliki opsi untuk melepaskan umpan ke sisi kiri atau kanan. Ruiz pun merasa masih memiliki waktu untuk melihat situasi sekitarnya sebelum mengambil keputusan. Akan tetapi, saat Ruiz sudah menentukan pilihan, segalanya sudah terlambat. Tiba-tiba saja sudah hadir sosok Fabinho yang melancarkan tekel solid. Pengusaan bola pun seketika berpindah.

Penampilan Fabinho melawan Napoli merupakan contoh ideal seorang gelandang bertahan yang menggabungkan kekuatan, tenaga, ketenangan, serta kelas.

Fabian Ruiz adalah satu dari banyak pemain yang merasakan ketangguhan Fabinho. Terlalu lama menguasai bola saat Fabinho ada di dekat adalah sebuah kesalahan.

"Fabinho memang luar biasa. Dia memiliki kaki yang bisa ada di mana saja," kata Virgil van Dijk, bek Liverpool.

"Timing, visi, dan ketenangannya memberi dimensi lain di lini tengah kami. Dia seperti mercu suar, bola berputar di sekitarnya," jelas Pep Lijnders, asisten Jurgen Klopp.

Bisa dikatakan Liverpool sudah menemukan kepingan yang selama ini mereka cari, seorang pemain berposisi No.6 yang berkualitas. Beberapa pemain pernah dicoba di posisi ini seperti Lucas Leiva, Emre Can, Jordan Henderson, hingga Gini Wijnaldum. Namun Liverpool tak kunjung menemukan sosok yang tepat, seorang gelandang bertahan spesialis macam Javier Mascherano.

Ya, peran Fabinho memang serupa dengan Mascherano yang saat bersama Liverpool menjadi pelindung bagi Steven Gerrard dan Xabi Alonso. Kehadiran Mascherano membuat Gerrard dan Alonso leluasa membantu penyerangan tanpa mencemaskan pertahanan.

Kini Liverpool memiliki Fabinho yang bisa melebihi Mascherano karena punya kemampuan mengatur tempo permainan serta membangun serangan lewat umpan-umpannya.

Dengan postur tinggi, tekel tepat waktu, kemampuan duel udara, umpan akurat, dan kecerdasaan membaca permainan, Fabinho bisa disebut gabungan dari Mascherano dan Xabi Alonso.

Di bawah Klopp, lini tengah Liverpool merupakan area yang paling sering dirotasi. Namun Fabinho sangat jarang absen. Fabinho sudah menjadi pilihan tak tergantikan.

Laga melawan Chelsea pada Minggu (22/9) menjadi penampilan ke-50 Fabinho berkostum Liverpool.