BolaSkor.com - Rapat Komisi Grand Prix yang berlangsung di sela-sela MotoGP Malaysia, 3 November lalu, ternyata melahirkan beberapa regulasi penting.

Salah satunya soal syarat helm yang digunakan pembalap mulai MotoGP 2019. Kini semua merek helm harus lolos homoligasi dari Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) untuk bisa digunakan pembalap.

Homoligasi helm dari FIM sekaligus menggantikan regulasi helm sebelumnya yang berpatokan kepada standart internasional yang dikeluarkan oleh ECE, Snell, dan JIS.

Dalam keterangan resminya, FIM mengklaim helm yang lolos homoligasi bakal meningkatkan aspek keselamatan pembalap. Karena telah melalui berbagai tes seperti benturan keras.

Helm yang dinyatakan lolos homoligasi bakal diberikan label oleh FIM. Label tersebut bisa dipindai dan berisi informasi lengkap terkait detail helm.

FIM sendiri menyebut regulasi baru ini telah disosialisasikan kepada semua perusahaan yang memasok helm di MotoGP, salah satunya KYT, merek helm asli Indonesia.

"Ini adalah contoh nyata dari teknologi dan keselamatan pada olahraga ini. Kami sangat bangga bahwa peluncuran program ini sedang berlangsung. Industri balap sendiri menyambut baik perubahan ini" jelas Fabio Muner, Direktur Olahraga FIM.*

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP Lainnya di KabarOto.com