Mulai Musim 2018-2019, Liga Champions dan Liga Europa Punya Peraturan Anyar

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 28 Maret 2018
Mulai Musim 2018-2019, Liga Champions dan Liga Europa Punya Peraturan Anyar
Terdapat peraturan baru untuk Liga Champions dan Liga Europa (Zimbio)

BolaSkor.com - UEFA melalui laman resminya (UEFA.com) mengonfirmasi akan menerapkan beberapa peraturan anyar yang akan diterapkan pada Liga Champions dan Liga Europa musim 2018-2019. Satu di antara peraturan tersebut menyangkut soal pergantian pemain.

Pada babak knock out, tim dapat melakukan empat pergantian pemain. Namun, pemain keempat baru boleh dimainkan ketika laga telah memasukki babak tambahan. Artinya, pada 90 menit normal setiap tim hanya memiliki jatah tiga pergantian pemain. Peraturan tersebut juga berlaku di partai Puncak.

Peraturan selanjutnya yang memberikan angin segar bagi tim adalah soal jumlah pemain cadangan. Saat ini, tim peserta hanya diperbolehkan membawa 18 pemain. Namun, mulai musim depan, kuota tersebut akan bertambah menjadi 23. Alhasil, seorang pelatih dapat memboyong 12 pemain cadangan.

UEFA juga mengubah jadwal kick off pertandingan. Nantinya pada fase grup, Liga Champions akan dimulai pada pukul 02.45 WIB. Adapun fase gugur akan dihelat pada pukul 01.55 dan 04.00 WIB. Sementara itu, jadwal kick off fase gugur Liga Europa kembar dengan fase gugur Liga Champions.

Peraturan anyar UEFA juga merambah ke jersey. Nantinya, tim yang mampu menjuarai Liga Europa tiga kali berturut-turut atau lima kali sepanjang sejarah dapat memasang badge juara untuk menunjukkan bahwa mereka telah menjadi juara dalam beberapa kesempatan.

aa
Liga Europa (Zimbio)

Satu-satunya klub yang dapat melakukan hal tersebut di musim depan adalah Sevilla. Klub asal Spanyol tersebut telah memenangi Liga Europa lima kali (2006, 2007, 2014, 2015 dan 2016).

Peraturan terakhir yang bisa berdampak pada aktifitas di bursa transfer musim dingin ialah mengenai pendaftaran pemain anyar. Sebab, Liga Champions akan mengizinkan suatu klub untuk mendaftarkan tiga pemain baru tanpa larangan apapun termasuk pernah membela klub lain pada satu edisi Liga Champions. Artinya, seorang pemain yang telah membela suatu klub di Liga Champions dapat membela klub lain.

Liga Champions Liga Europa
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.524

Bagikan