BolaSkor.com - Tim nasional basket Indonesia sudah mulai pemusatan latihan di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta. Namun, pelatih tim Garuda, Wahyu Widayat Jati, masih dipusingkan dengan kondisi fisik pemain.

Pasca libur kompetisi dan Idul Fitri, kondisi para pemain belum kembali fit. Bahkan, ada beberapa penggawa tim nasional basket Indonesia yang kegendutan.

Hal ini membuat Wahyu harus memulai latihan dengan mengembalikan kondisi fisik pemain terlebih dahulu. Pemain yang paling disorot pelatih yang akrab disapa Cacing tersebut adalah Kaleb Ramot Gemilang, Yanuar Dwi Prasmono, dan Tri Hartanto.

Baca Juga:

Klay Thompson Bakal Bergabung dengan LeBron James di Space Jam 2

Ashleigh Barty, Juara Roland Garros yang Sempat Berkarier Kriket

"Karena kebanyakan liburan, saya terkejut standar pemain Timnas banyak yang tidak sesuai harapan. Pertama mereka over weight, kedua secara strenght mereka jauh sekali," kata Cacing saat dijumpai di GOR Soemantri, Kamis (13/6).

"Sekitar 5-6 orang dari 15 pemain rata-rata berat badannya naik lebih dari lima kg. Saya juga kaget pemain nasional bisa kelewatan," sambungnya.

Cacing menyesali kedisiplinan para pemain yang tidak menjaga fisik selama liburan. Seharusnya, sebagai atlet profesional, menjaga berat badan merupakan prioritas.

"Ya, artinya mereka selama liburan makan tidur saja. Padahal, satu bulan lalu sejak surat pemanggilan diberikan saya sudah kasih tahu begitu masuk hari pertama kami akan ada tes untuk melihat seberapa bugar dan siap mereka mengikuti pelatnas," ujar Cacing.*