Mungkinkah Bastianini Mematahkan Kutukan?

Andhika PutraAndhika Putra - Sabtu, 12 Maret 2022
Mungkinkah Bastianini Mematahkan Kutukan?

BolaSkor.com - Keberhasilan Enea Bastianini meraih podium pertama di MotoGP Qatar 2022 menimbulkan kekhawatiran. Ditakutkan Bastianini mengalami kutukan yang sempat menimpa pembalap-pembalap sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, terdapat kutukan yang menyelimuti MotoGP Qatar. Siapa pun pembalap yang meraih poin penuh di seri tersebut, akan mengalami kegagalan di akhir musim.

Terbukti beberapa pembalap sudah menjadi korban kutukan tersebut. Tercatat setidaknya terdapat empat rider yang gagal meraih gelar juara usai memenangi MotoGP Qatar selama sepuluh tahun terakhir.

Pertama adalah Valentino Rossi saat menjalani musim 2015. Ketika itu, Rossi mampu meraih hasil manis di Sirkuit Losail. Sayangnya diakhir musim, The Doctor mengalami nasib buruk hingga akhirnya gagal meraih gelar juara.

Baca Juga:

Orang Datang dan Pergi, Termasuk Valentino Rossi

Masa Depan MotoGP di Mata Dorna

Nasib serupa juga dialami Jorge Lorenzo pada musim 2016. Pembalap asal Spanyol itu gagal menambah koleksi gelar juaranya. Padahal di musim 2012, Lorenzo mampu meraih gelar juara saat mendapatkan poin penuh di MotoGP Qatar.

Setahun kemudian, Maverick Vinales meneruskan tren kutukan tersebut. Pembalap berjuluk Top Gun itu mengalami keterpurukan saat memasuki paruh kedua MotoGP 2017.

Nasib paling nahas dialami Andrea Dovizioso. Tidak tanggung-tanggung, mantan pembalap Ducati itu mengalami kegagalan secara beruntun, yakni pada musim 2018 dan 2019.

Kendati demikian, terdapat satu nama yang mampu memecahkan kutukan tersebut. Dia adalah Marc Marquez. The Baby Alien merupakan satu-satunya pembalap yang konsisten dalam menunjukkan performanya.

Marquez belum pernah sama sekali kehilangan gelar juara di saat berhasil meraih poin penuh di MotoGP Qatar. Hal ini dibuktikan saat pembalap asal Spanyol itu menjalani debut di musim 2014.

Berkaca dari hal ini, Bastianini tentu harus waspada. Jangan sampai nasib buruk yang dialami koleganya justru datang menghampirinya. Pembalap satelit Ducati ini harus bisa membuktikan diri dapat lepas dari jerat kutukan MotoGPQatar layaknya Marquez.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Motogp MotoGP 2021 Enea Bastianini
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan