BolaSkor.com - Manchester City akan ditinggal pergi sang legenda, David Silva di akhir musim karena kontraknya berakhir. Silva (34 tahun) akan pergi dengan status free transfer setelah 10 tahun membela The Citizens.

Gelandang serang asal Spanyol diprediksi akan kembali ke kampung halamannya dan pensiun di sana. Kehilangan Silva bagi Man City bak kehilangan Vincent Kompany yang meninggalkan status sebagai legenda klub dan pemain paling penting dalam ruang ganti pemain.

Kendati demikian Man City tidak perlu pusing-pusing mencarinya karena sudah memiliki produk akademi berusia 20 tahun, Phil Foden. Perlahan tapi pasti juara Piala Dunia U-17 bersama timnas Inggris U-17 pada 2017 itu memperlihatkan kelayakannya sebagai pengganti Silva.

Baca Juga:

Phil Foden, Kisah Impian Seorang Anak Gawang

Riyad Mahrez: Phil Foden Bakal Jadi Bintang Manchester City dan Inggris

Hasil Lengkap Pekan ke-38 Premier League: Arsenal, Liverpool, dan Manchester City Tutup Musim dengan Kemenangan

Phil Foden

Di kala rekan segenerasinya seperti Brahim Diaz, Jadon Sancho, pergi ke klub lain demi mencari jam bermain dan pengalaman lebih, Foden tetap bertahan dan bersabar menanti momen di bawah arahan Pep Guardiola.

Kesabarannya itu membuahkan hasil di musim 2019-20 ini. Phil Foden - dikutip dari Marca - telah bermain 23 kali dari 38 laga Premier League, sementara di Liga Champions bermain empat kali dari tujuh laga yang sudah dimainkan City.

Sejak liga dimulai pertengahan Juni lalu pasca jeda karena virus corona, Foden telah dilibatkan di tim utama bersama dengan Eric Garcia oleh Guardiola dengan Foden bermain sebanyak 64 persen kemungkinan bermain di tiap laganya.

Itu memperlihatkan kepercayaan Guardiola yang memang menyiapkan Foden sebagai pengganti Silva, apalagi keduanya juga berposisi sebagai gelandang serang dengan gaya main yang berbeda.

Musim ini Foden juga telah mencetak delapan gol dan memberikan sembilan assist dari 37 laga di seluruh kompetisi.

"David adalah legenda klub dengan jumlah pertandingan yang telah ia lakoni, begitu juga dengan jumlah titelnya. Tapi, adalah harapan dan keyakinan kami bahwa dia (Foden) dapat menggantikannya," tutur Guardiola pada 2019 lalu.

"Dia bisa melakukannya. Phil bermain sangat baik di ruang sempit. Dia juga memiliki kualitas luar biasa saat menerima bola di ruang sempit. Begitu pula dengan kemampuan box to box-nya yang tipikal pemain Inggris," pungkas dia.