BolaSkor.com- Ajang Indonesia Terbuka 2018 yang berlangsung di Istora Senayan, 3-8 Juli bakal tampil dengan format baru. Kali ini tak ada babak kualifikasi bagi para pebulutangkis karena semua pertandingan dimulai dari babak 32 besar.

Kondisi tersebut terjadi setelah Indonesia Terbuka naik tingkat menjadi turnamen kategori HSBC BWF World Tour Super 1000. Artinya seluruh peserta yang bisa bertanding hanya ranking 1-32 dunia.

"Tidak ada kualifikasi. Semua langsung main dengan sistem drawing size 32," ujar Ketua Panitia Pelaksana Blibli Indonesia Open 2018, Achmad Budiharto.

"Maka, pemain-pemain yang tampil pun betul-betul berkualitas karena peringkat top 10 wajib ikut. Nanti closing ranking BWF-nya tanggal 22 Mei," sambungnya.

Kenaikan peringkat ini membuat Indonesia Terbuka kini sejajar dengan All England dan China Terbuka. Perubahan regulasi ini juga membuat lapangan pertandingan berubah.

"Nanti hanya menggunakan 3 lapangan dan saya rasa penonton akan lebih mudah dalam menikmati pertandingan yang ada," ujar Budiharto.

"Dengan naik kelasnya turnamen ini ke level Super 1000, semoga Indonesia Terbuka menjadi turnamen yang eksklusif," imbuh dia.