Naluri Supersub Solskjaer yang Tak Luntur meski Berganti Peran

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 25 Januari 2021
Naluri Supersub Solskjaer yang Tak Luntur meski Berganti Peran
Ole Gunnar Solskjaer (Twitter)

BolaSkor.com - Reputasi Ole Gunnar Solskjaer sebagai salah satu supersub Manchester United tak perlu diragukan lagi. Kemampuan tersebut nampak tidak luntur meski kini dirinya sudah berganti peran menjadi manajer.

Semasa bermain, Solskjaer kerap menjadi pahlawan Manchester United meski datang dari bangku cadangan. Final Liga Champions 1998-1999 menjadi salah satu contoh terbaiknya.

Solskjaer memang tidak menikmati sepenuhnya peran sebagai supersub. Ia lebih suka bermain sejak menit pertama.

Baca Juga:

MU 3-2 Liverpool: Setan Merah Akhiri Perjalanan The Reds di Piala FA

Donny van de Beek Punya Peran Baru di Manchester United

Solskjaer Bicara Rahasia Kebangkitan Paul Pogba

Manchester United vs Liverpool

Namun pengalaman sebagai seorang supersub nampak membantunya ketika beralih menjadi manajer. Ia seolah tahu pemain pengganti yang tepat untuk mengubah peruntungan tim asuhannya.

Pada musim 2020-2021, Solskjaer beberapa kali menunjukkan keahliannya dalam memilih supersub. Pergantian pemain yang tepat membuat Manchester United mulai akrab dengan status raja comeback kembali.

Edinson Cavani beberapa kali memainkan peran supersub dengan sangat baik. Namun penyerang berkebangsaan uruguay itu bukan satu-satunya senjata Solskjaer dari bangku cadangan.

Pada laga kontra Liverpool di putaran keempat Piala FA, peran supersub dimainkan oleh Bruno Fernandes. Pemain berkebangsaan Portugal itu mencetak gol kemenangan dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 3-2.

Fernandes menjebol gawang Liverpool pada menit ke-78 lewat eksekusi tendangan bebas. Menariknya, Solskjaer sudah menebak bahwa pemain berkebangsaan Portugal itu akan mencetak gol dari situasi tersebut.

"Bruno bertahan sekitar 45 menit setelah latihan kemarin untuk mengasah tendangan bebas. Jadi saya cukup yakin ia bisa mencetak satu gol jika mendapat kesempatan," kata Solskjaer usai pertandingan.

Solskjaer mencetak gol kemenangan Manchester United saat menyingkirkan Liverpool dari Piala FA 1998-1999.

Fernandes seolah juga menduplikasi aksi Solskjaer pada 22 tahun silam. Pada musim 1998-1999, Manchester United juga menyingkirkan Liverpool dari Piala FA lewat kemenangan 2-1 meski tertinggal lebih dulu.

Gol kemenangan Manchester United kala itu dicetak oleh Solskjaer. Kubu Old Trafford akhirnya mengakhiri kompetisi dengan gelar juara.

Kecerdikan Solskjaer dalam melakukan pergantian pemain menjadi salah satu kekuatan Manchester United musim ini. Menarik melihat sosok pemain yang nantinya benar-benar dilabeli sebagai supersub baru milik Setan Merah.

Ole gunnar Solskjaer Manchester United Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan