Napoli Resmikan Stadion Diego Armando Maradona

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 05 Desember 2020
Napoli Resmikan Stadion Diego Armando Maradona
Stadion Diego Armando Maradona (Twitter)

BolaSkor.com - Pemerintah kota Naples secara resmi mengubah nama markas Napoli yaitu Stadion San Paolo menjadi Stadion Diego Armando Maradona. Keputusan ini merupakan bentuk penghargaan kepada sang legenda yang baru berpulang.

Seperti diketahui, Maradona meninggal dunia di kediamannya pada Rabu (25/11). Pria berusia 60 tahun itu mengalami henti jantung setelah sempat menjalani operasi otak.

Meninggalnya Maradona menghadirkan duka mendalam bagi publik sepak bola dunia. Karismanya sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa tak terbantahkan.

Baca Juga:

Neymar Cerita Pertemuan Tak Terlupakan dengan Diego Maradona

Surat Mengharukan Pele untuk Diego Maradona

Lionel Messi Tidak Miliki Passion yang Sama seperti Diego Maradona

San Paolo kini berganti nama menjadi Stadion Diego Armando Maradona

Namun bagi publik Napoli, Maradona lebih dari sekadar idola. Pria yang pernah menangani Timnas Argentina itu sudah dianggap sebagai sebuah pahlawan bagi kota ini.

Hal itu menjadi wajar karena hanya bersama Maradona, Napoli mampu meraih scudetto. Label sebagai klub terbaik Italia itu bahkan dua kali didapatkan pada musim 1986-11987 dan 1989-1990.

"Dengan bakat luar biasa dan sentuhan magisnya, dia (Maradona) mengenakan kostum Napoli selama tujuh tahun, memberikan dua gelar liga yang bersejarah dan beberapa trofi prestisius lainnya. Dan sebagai gantinya dia menerima cinta abadi tanpa syarat dari seluruh kota" bunyi pernyataan resmi dari pemerintah kota Naples.

"Dengan resolusi yang disetujui hari ini, stadion itu dinamai Diego Armando Maradona."

Maradona memilih pergi dari Barcelona menuju Napoli pada Juli 1984. Perkenalan dirinya disambut 75 ribu suporter Il Partenopei.

Sayang Maradona mengakhiri karier bersama Napoli dengan cara yang kurang bagus. Ketergantungan akan obat-obatan terlarang membuat Maradona dihukum larangan bermain selama 15 bulan hingga akhirnya hengkang ke Sevilla pada tahun 1992.

Namun catatan kelam itu nampak tak bisa menutupi besarnya jasa Maradona untuk Napoli. Sebelumnya, pihak klub juga lebih dulu mempensiunkan nomor punggung 10 miliknya.

Napoli Diego Maradona Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan