Nasib Liverpool Tiap Kali Bermain Imbang Tanpa Gol di Leg Pertama

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 20 Februari 2019
Nasib Liverpool Tiap Kali Bermain Imbang Tanpa Gol di Leg Pertama
Mohamed Salah (twitter/ChampionsLeague)

BolaSkor.com - Liverpool gagal memanfaatkan keuntungan bermain di kandang pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Tampil di Anfield, The Reds ditahan imbang tanpa gol oleh Bayern Munchen.

Liverpool harus terbang ke Jerman untuk bertarung hidup-mati di Allianz Arena, markas Bayern, untuk tiket ke perempat final Liga Champions. Satu gol di laga ini bisa mengirim Liverpool ke perempat final atau sebaliknya terdepak dari Liga Champions.

Menarik untuk menilik ke belakang, apa yang terjadi terhadap Liverpool jika mereka bermain imbang 0-0 di leg pertama.

Baca Juga:

3 Pemain Premier League Paling Diremehkan, tetapi Berkontribusi Besar

Kapten Liverpool Yakin Bisa Sulitkan Bayern di Allianz Arena

Augsburg 2016

Terakhir kali Liverpool bermain imbang 0-0 di leg pertama terjadi pada ajang Liga Europa, tepatnya di 32 besar. Pada laga pertama, Liverpool tampil mengecewakan, bahkan nyaris kalai jika bola sepakan pemain Augsburg, Jo Dong-won tidak menghantam mistar.

Yang terjadi kemudian, Liverpool harus susah payah meraih kemenangan tipis 1-0 di Anfield. Gol lahir lewat titik penalti yang dieksekusi James Milner. Meski bersusah payah di laga ini, Liverpool akhirnya lolos hingga laga final sebelum dikalahkan oleh Sevilla.


Sparta Prague 2011

Dirk Kuyt

Laga melawan Sparta Prague terjadi hanya sebulan setelah Kevin Dalglish kembali ditunjuk sebagai manajer. Pada laga ini, The Reds yang tidak diperkuat Luis Suarez dan Steven Gerrard gagal menyulitkan Sparta di leg pertama 32 besar.

Yang terjadi kemudian, Liverpool sukses memetik kemenangan tipis 1-0 lewat sundulan Dirk Kuyt. Laga leg kedua ini digelar di Anfield. Namun di babak berikutnya, Liverpool disingkirkan Braga.


Chelsea 2005

Luis Garcia

Di awal 2000-an, rivalitas Liverpool dan Chelsea sedang panas-panasnya. Manajer Liverpool, Rafa Benitez, acap beradu kata dengan Jose Mourinho. Pada leg pertama semifinal Liga Champions, laga berakhir imbang 0-0 di Stamford Bridge.

Yang terjadi kemudian, Liverpool menang 1-0 atas Chelsea di Anfield. Gol semata wayang Liverpool yang dibuat Luis Garcia. Namun kubu Chelsea menganggap gol itu tak sah karena bola dinilai mereka belum melewati garis gawang. Liverpool melaju ke final dan menjadi kampiun usai mengalahkan AC Milan di Istanbul.

Barcelona 2001

Liverpool yang dilatih Gerard Houllier berhasil menahan serbuan Barcelona yang diperkuat Marc Overmars, Patrick Kluivert, dan Rivaldo pada leg pertama semifinal Piala UEFA. Liverpool pulang dari Camp Nou dengan skor imbang 0-0.

Yang terjadi kemudian, Liverpool membungkam Barcelona pada leg kedua di Anfield lewat titik putih yang dieksekusi Gary McAllister. Di final, Liverpool berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Alaves lewat laga sarat gol. Liverpool menang 5-4.

Porto 2001

Sebelum menghadapi Barcelona di semifinal Piala UEFA, Liverpool terlebih dulu melawan Porto di perempat final. Pada leg pertama di kandang Porto, laga imbang 0-0.

Yang terjadi kemudian, Liverpool unggul 2-0 di Anfield berkat gol yang dibuat Danny Murphy dan Michael Owen. Selanjutnya Liverpool kalahkan Barcelona di semifinal dan menang atas Alaves di partai puncak.

Bagaimana nasib Liverpool kali ini. Ada perbedaan besar saat ini dengan lima laga di atas. Ya, kali ini Liverpool harus melakoni laga leg kedua di markas lawan.

Liverpool Liga Champions Bayern munchen Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.089

Bagikan