Nasib Prancis Sudah Ditentukan Ketika Final Piala Dunia 2022 Memasuki Drama Adu Penalti

Arief HadiArief Hadi - Senin, 19 Desember 2022
Nasib Prancis Sudah Ditentukan Ketika Final Piala Dunia 2022 Memasuki Drama Adu Penalti
Momen drama adu penalti Prancis vs Argentina (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Prancis urung mempertahankan titel Piala Dunia pada 2022 di Qatar, setelah memenanginya pada 2018 di Rusia. Les Bleus kalah di final yang dihelat di Lusail Stadium, Minggu (18/12) malam WIB, lawan Argentina.

Laga berakhir imbang 3-3 di waktu normal. Tiga gol Argentina datang dari dua gol Lionel Messi (satu penalti) dan Angel Di Maria, sementara tiga gol Prancis semuanya datang dari satu pemain, yakni Kylian Mbappe yang menorehkan hat-trick gol.

Pada drama adu penalti Prancis menelan kekalahan dengan skor 2-4 melawan Argentina. Dua penendang penalti Prancis, Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni, gagal berbuah gol - sepakan Coman ditepis dan Tchouameni melenceng keluar.

Sementara empat eksekutor penalti Argentina yakni Lionel Messi, Paulo Dybala, Leandro Paredes, dan Gonzalo Montiel gagal menjalankan tugas dengan baik. Pada momen penalti itu Argentina sudah memiliki keunggulan.

Baca Juga:

Prancis 3-3 Argentina (2-4 Pen): Akhir Penantian 36 Tahun Trofi Piala Dunia Albiceleste

Bintang Laga Prancis Vs Argentina: Kylian Mbappe, Ukir Rekor dalam Sejarah 92 Tahun Piala Dunia

Deschamps Enggan Anggap Kemenangan Argentina Dibantu Wasit, tetapi Ada Sesuatu yang Mengganjal

Kylian Mbappe dan Prancis Kalah di Final, tetapi Masa Depan Les Bleus Cerah

Pertama, Argentina sudah melakoni fase itu kala melawan Belanda di perempat final dan kiper mereka Emiliano Martinez tampil bagus dengan gaya atau karakter yang dimilikinya - sukses menjatuhkan mental lawan.

Kemudian yang kedua, Prancis tak pernah memainkan adu penalti di Piala Dunia 2022 dan kiper sekaligus kapten mereka, Hugo Lloris, punya catatan buruk pada drama adu penalti.

Itu terbukti dengan empat kesalahannya ketika gagal membaca arah datangnya bola, selain itu juga Lloris terlalu cepat jatuh atau melompat saat lawan belum menendang bola - terlihat dari tendangan penalti Messi dan Dybala.

Dikutip dari GFFN Lloris melakukan penyelamatan 0 persen penalti yang dihadapinya di drama adu penalti sebagai kiper Prancis di turnamen besar (0 dari 9 percobaan).

Bahkan sebelum drama adu penalti catatannya sudah buruk. Lloris, dikutip dari Opta, telah menghadapi 25 penalti di drama adu penalti dalam kariernya dan kebobolan 20 gol (empat penyelamatan dan satu tendangan gagal kena tiang).

“Ini adalah kisah yang menyakitkan, dalam hal apapun yang berakhir dengan cara yang menyakitkan. Memang benar kami melewatkan periode pertama kami, dengan banyak pemborosan teknis, kami tidak memenangkan duel, mereka membuat kami kesulitan. Logikanya mereka memimpin dalam skor," papar Lloris.

Tidak salah mengatakan apabila takdir Prancis sudah ditentukan kala laga memasuki drama adu penalti. Didier Deschamps tak ingin berjudi seperti halnya Louis van Gaal, dengan mengganti Lloris dengan kiper lain seperti Steve Mandanda atau Alphonse Areola.

Prancis Timnas Prancis Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Hugo Lloris Argentina Timnas Argentina
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.162

Bagikan