NBA Longgarkan Aturan Warna Sepatu

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 12 September 2018
NBA Longgarkan Aturan Warna Sepatu
Ilusttrasi (Twitter)

BolaSkor.com - Untuk pertama kalinya dalam sejarah, NBA akan memperbolehkan para pemain memakai sepatu dengan warna apapun musim mendatang.

ESPN mengabarkan perubahan aturan ini merupakan bagian dari upaya NBA untuk membebaskan pemain berekspresi di atas lapangan. Jadi bagi penggila basket NBA, bersiap untuk melihat beragam motif sepatu di tiap laga. Sebelumnya pemain baru bisa memamerkan sepatu desain khusus yang berwarna-warni pada ajang All Stars.

Perubahan menang gencar dilakukan NBA. Musim lalu, bertepatan dengan untuk pertama kalinya Nike menjadi penyuplai jersey, NBA melakukan perubahan aturan pakaian tanding. Selain makin beragamnya desain, NBA juga menghapus aturan penggunaaan jersey berwarna dasar putih hanya untuk laga kandang.

Setiap tim dibebaskan menentukan dan merancang jersey kandang dan tandang. Sebagai contoh Chicago Bulls memilih mengusung jersey merah di laga kandang.

Khusus untuk sepatu, NBA selama ini hanya membolehkan pemain memakai sepatu warna hitam, putih, atau warna khas tim bersangkutan.

Sepanjang 72 tahun sejarah NBA, aturan sepatu terus mengalami perubahan. Namun secara umum para pemain hanya boleh memakai sepatu warna hitam, putih, dan warna klub. Pada musim 1984-85, NBA melarang Michael Jordan memakai sepatu Air Jordan 1 berwarna merah-hitam.

Di akhir 2000-an, pemain mulai dibolehkan memakai warna selain hitam atau putih. Namun warna tersebut harus sesuai dengan warna tim. Contohnya pemain Boston Celtics boleh memakai sepatu berwarna hijau.

Pada 2012, NBA memperkenalkan apa yang disebut malam bertema. Pemain diperbolehkan mengenakan sepatu khusus yang terkait dengan tema khusus pada sebuah laga. Misalnya saat hari pertandingan bertema Natal, pemain boleh memakai sepatu bernuansa Natal.

Belakangan NBA mulai memberikan kebebasan kepada pemain. Musim lalu, LeBron James tercatat memakai 51 versi berbeda dari Nike LeBron 15-nya.

Meski musim depan aturan warna dilonggarkan, NBA masih memberi batasan. Pemain masih dilarang memakai sepatu dengan warna yang memantulkan cahaya seperti chrome.

NBA Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan