BolaSkor.com- Bintang Cleveland Cavaliers, Jordan Clarkson, batal membela tim nasional Filipina pada Asian Games 2018. Clarkson tak mendapat izin dari asosiasi pemain NBA untuk membela tim Gilas.

NBA berpendapat Asian Games 2018 tak termasuk dalam kalender pertandingan mereka. Hanya beberapa multi event tertentu yang diakui NBA sebagai ajang resmi selain Olimpiade.

Keputusan ini tentu merugikan bagi tim nasional basket Filipina yang telah mendaftarkan Clarkson sebagai pemain. Pelatih tim Gilas, Yen Guiao, bahkan sebelumnya optimistis mantan pemain Los Angeles Lakers itu bisa bergabung dengan tim.

"Perjanjian NBA dengan FIBA membuat pemain hanya bisa berpartisipasi di Olimpiade, Piala Dunia, Kejuaraan Kontinental, dan kualifikasi," ujar juru bicara NBA, Tim Frank, dikutip dari ABS News, Minggu (12/8).

"Karena Asian Games bukan bagian dari itu, pemain NBA tidak boleh berpartisipasi. Berdasarkan perjanjian, Clarkson baru boleh membela tim nasional Filipina pada kejuaraan berikutnya," sambung Tim.

Kehilangan Clarkson tentu bakal semakin menyulitkan tim Filipina yang tidak diperkuat skuat utamanya. Tim Gilas sebelumnya kehilangan 10 pemain karena sanksi FIBA.

Tim nasional basket Filipina bahkan sempat memutuskan munduru dari Asian Games 2018. Namun, jagoan basket Asia Tenggara tersebut akhirnya kembali mengikuti ajang empat tahunan tersebut.