BolaSkor.com - Kekuatan tanding Persebaya Surabaya perlahan-lahan mulai membaik. Lini belakang tim asal Kota Pahlawan itu berangsur pulih jelang meladeni Barito Putra di Stadion 17 Mei, Minggu (12/8). Back four terbaik Persebaya berpotensi turun bersama lagi.

Selama ini, Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, Fandry Imbiri, dan Ruben Sanadi merupakan penghuni tetap tim inti di lini belakang. Sayang, sejumlah masalah cedera membuat komposisi ini kerap dirotasi. Bahkan, usai menghadapi Persela Lamongan, Minggu (5/8) kemarin, Ruben menjalani latihan terpisah.

Namun, dalam sesi latihan Jumat pagi tadi (10/8), terlihat jika Ruben dan Robertino Pugliara berlatih penuh. Nama terakhir juga sempat berlatih terpisah.

“Ruben dan Robertino siap tampil,” kata caretaker pelatih Persebaya Bejo Sugiantoro seusai latihan. “Lawan Barito nanti kami bisa bermain dengan lini pertahanan terbaik. Tapi, kami masih memiliki sekali sesi latihan untuk menentukan (komposisi terbaik) sebelum laga itu,” lanjutnya.

Sayang, kondisi ini tidak berlaku untuk sektor gelandang. Green Force belum bisa menurunkan gelandang bertahan Nelson Alom. Kendati demikian, kondisi mantan pemain Persipura Jayapura itu terus menunjukan perbaikan. Dia sedang menjalani proses pemulihan pasca operasi lutut kanan.

Saudara kandung Nerius Alom ini mengalami cedera saat melawan Persija Jakarta, Juni lalu. Akibat cedera tersebut Nelson harus melakukan operasi. Pasalnya terdapat serpihan tulang di lutut kanannya.

“Nelson merasa nyeri setelah lawan Persija, ditemukan loose bodies (benda asing), sehingga dilakukan tindakan arthroscopy yaitu tindakan operasi pada lututnya,” jelas dokter tim Persebaya, Pratama Wicaksono.

Kini lutut Nelson dalam proses penguatan, ia sudah diperbolehkan menjalani fitness ringan. Tapi, ia tidak boleh mendapatkan beban terlalu berat. Pemain bernomor punggung 20 tersebut menggunakan kruk atau alat bantu jalan. Diperkirakan pemulihan Nelson membutuhkan waktu yang lama, pertengahan September mendatang.

“Kami mengupayakan yang maksimal, sehingga dia bisa kembali ke performa terbaik dan tidak cedera berulang,” ucap dokter yang akrab disapa Tomi tersebut. (Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)