BolaSkor.com - New Normal. Istilah itu belakangan ini terus muncul terkait dengan kehidupan baru di tengah pandemi virus corona dengan situasi yang berbeda dibanding sebelumnya. New normal itu berdampak juga kepada sepak bola.

Hal itu bisa dilihat dari bergulirnya Bundesliga 2019-20 sebagai salah satu liga top Eropa di tengah pandemi virus corona. Bukan peraturan atau protokol baru saja yang sudah diterapkan, namun tidak ada juga penonton di dalam stadion.

Penonton dilarang hadir di dalam stadion untuk mencegah potensi penyebaran Covid-19 dan aturan itu diberlakukan di seluruh laga Eropa untuk saat ini, juga memenuhi standar atau saran dari tim medis untuk pertandingan sepak bola.

Sepak bola tanpa fans menjadi hambar dan berbeda dibanding sebelumnya. Dampak besar itu dirasakan oleh klub-klub yang memiliki status tuan rumah: tanpa suporter kandang tidak ada dukungan dan intimidasi untuk tim lawan.

Baca Juga:

5 Fakta Menarik Usai Bayern Munchen Memenangi Der Klassiker: Joshua Kimmich Impresif

Senang Bundesliga Bergulir, Gelandang Persib Kim Kurniawan Merasa Ada yang Aneh

Premier League Umumkan Tambahan Empat Kasus Positif Virus Corona

Stadion tanpa penonton

Istilah 'pemain ke-12' juga hilang di new normal. Menurut data yang dimunculkan The Conversation terlihat jelas perbandingan laga-laga dengan dan tanpa penonton di Bundesliga.

Dengan fans tim-tim tuan rumah memenangi 43,4 persen laga, imbang 21,9 persen, dan 34,8 persen kemenangan tandang. Sementara tanpa fans persentase kemenangan kandang hanya 13,6 persen, imbang 31,8 persen, dan meraih kemenangan tandang 54,6 persen.

"Saya pikir itu (menurunnya persentase kemenangan kandang) bukan kebetulan," ujar Peter Bosz, pelatih Bayer Leverkusen dikutip dari Sportskeeda.

"Lebih mudah untuk tim-tim tandang ketika tak ada fans di stadion. Tanpa penonton maka segalanya bergantung kepada kualitas pemain-pemain di dalam tim."

Contoh sederhana itu bisa dilihat dari kekalahan 0-1 Borussia Dortmund baru ini dari Bayern Munchen di Der Klassiker. Kendati Bayern dominan dalam lima pertemuan terakhir kontra Dortmund dan layak menang, Dortmund bermain tanpa 'nyawa' karena tidak ada fans di stadion.

Yellow wall dengan koreografi dan warna kuning yang dominan biasa terlihat di Signal Iduna Park tidak terlihat. Hal itu disinyalir menjadi salah satu faktor kekalahan Dortmund karena tak ada 'pemain ke-12' yang dapat memberikan motivasi tambahan.

Percaya atau tidak penonton dalam stadion memiliki pengaruh besar dalam pertandingan. Dalam 22 Bundesliga yang sudah berlangsung di tengah pandemi virus corona hanya ada tiga kemenangan yang diraih oleh tim kandang.

Gambaran dari Bundesliga itu bisa jadi terjadi juga di Serie A, LaLiga, dan Premier League yang baru akan memulai lagi kompetisi pada awal Juni 2020. Persentase kemenangan kandang sebesar 44,8 persen dengan fans di Premier League bisa menurun tanpa penonton di stadion.