BolaSkor.com - Liverpool kembali ke puncak klasemen Premier League melalui kemenangan dramatis 3-2 melawan Newcastle United di St James Park, pekan 37 Premier League, Minggu (5/5) dini hari WIB. The Reds kini meraih 94 poin dan terpaut dua poin dari Manchester City, yang baru bermain melawan Leicester pada Selasa (7/5) dini hari WIB.

Newcastle yang dilatih mantan manajer Liverpool, Rafael Benitez, menerapkan formasi 3-4-3 dengan mengandalkan Christian Atsu, Salomon Rondon, dan Ayoze Perez di lini depan. Taktik itu langsung berubah menjadi 5-3-2 dalam fase bertahan.

Taktik itu berjalan cukup baik bagi tuan rumah dalam menahan gempuran Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Daniel Sturridge. Nama yang disebut terakhir bermain sebagai penyerang sentral dalam taktik 4-3-3 menggantikan Roberto Firmino.

Pertahanan rapat Newcastle baru dapat dijebol Liverpool di menit 13. Pemenang penghargaan Pemain Terbaik Premier League versi PFA, Virgil van Dijk, menanduk bola hasil umpan silang Trent Alexander-Arnold dan mengonversinya jadi gol. 1-0.

Baca Juga:

Prediksi Newcastle Vs Liverpool: The Reds Wajib Menang

Kirim Peringatan ke Man City, Brendan Rodgers Siap Bantu Liverpool Wujudkan Titel Premier League

Liverpool Butuh 'Van Dijk' di Lini Depan

Gol Virgil van Dijk

Newcastle tersengat karena gol tersebut dan mampu membalasnya tujuh menit berselang via tendangan jarak dekat Atsu. Bola rebound yang sempat diblok Alexander-Arnold kala menahan tendangan Rondon disambar Atsu dan mengubahnya jadi gol. Kedudukan sama kuat 1-1.

Tuan rumah bermain bagus mengimbangi permainan Liverpool. Akan tapi, kualitas individu pemain Liverpool jadi pembeda di menit 28. Penyerang sayap asal Mesir menyambar bola hasil umpan silang Alexander-Arnold dengan sepakan first time dan mengarah ke kanan gawang Newcastle. Skor berubah 2-1 untuk keunggulan Liverpool.

Kedudukan itu bertahan hingga babak pertama berakhir. Liverpool unggul, namun Newcastle juga memperlihatkan ancaman mereka kala melakukan penetrasi di sepertiga pertahanan Liverpool.