BolaSkor.com - Chelsea melanjutkan tren positif mereka di Premier League usai melibas Newcastle United 2-0 di Stadion St James Park, Sabtu (21/11) malam WIB. Dua gol The Blues datang dari bunuh diri bek Newcastle Federico Fernandez di menit ke-10 dan Tammy Abraham (65). Kemenangan ini membawa Chelsea sementara menjadi penghuni puncak klasemen Premier League.

Newcastle harus tampil tanpa pencetak gol terbanyak mereka Callum Wilson yang masih dalam pemulihan cedera. Joelinton menjalankan peran yang ditinggal Wilson. Sementara Manquillo, Hayden, dan Clark menjalani laga pertama mereka musim ini. Di kubu Chelsea Antonio Rudiger berduet dengan Kurt Zouma di sentral lapangan menggantikan Thiago Silva yang baru tiba dari tugas negara.

Tuan rumah Newcastle sempat mampu membuat lini pertahanan Chelsea kerepotan di awal laga. Baru 15 detik laga berjalan, Joelinton sudah memberi ancaman lewat tendangan bebas yang kemudian diteruskan oleh Saint-Maximin, namun bola masih dapat diamankan oleh Ben Chilwell.

Baca Juga:

Hudson-Odoi Pede Chelsea Bakal Juara Premier League Musim Ini

Menilik Posisi Finish Klub Eropa pada Musim Kedua di Bawah Arahan Jose Mourinho

Main Saat Makan Siang, Lampard Sebut Jadwal di Inggris Tak Masuk Akal

Chelsea mulai menemukan ritme permainan. Mereka berbalik memberi ancaman kepada tuan rumah. Dalam durasi lima menit, Chelsea sudah dua kali mendapat peluang emas.

Pertama lewat aksi Timo Werner di menit keempat dan kedua lewat sundulan Tammy Abraham. Tetapi aksi keduanya belum bisa menjebol gawang Newcastle yang dikawal Karl Darlow.

Baru pada menit ke-10, usaha Chelsea berbuah manis. Darlow dipaksa memungut bola akibat kesalahan Federico Fernandez. Alih-alih menghalau bola sepakan Mason Mount, aksi Fernandez justru membuahkan gol untuk Chelsea. The Blues unggul 1-0.

Chelsea nyaris menggandakan keunggulannya pada menit ke-30. Sayang, Werner yang mendapat peluang emas dengan memanfaatkan peluang dari Abraham gagal mencetak gol. Bola tendangan Werner yang sudah berdiri bebas melebar tipis ke sisi gawang.

Terus mendapat ancaman berbahaya dari Chelsea, Newcastle tak tinggal diam. Mereka juga beberapa kali berhasil membuat Chelsea kerepotan. Tetapi, kans itu tak ada yang membuahkan gol. Skor 1-0 untuk keunggulan Chelsea bertahan hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, ritme permainan tidak banyak berubah. Pada menit ke-52 Chelsea mendapatkan peluang emas menambah gol. Namun meski tinggal berhadapan dengan kiper, Wenger memilih melepaskan umpan yang mudah dipatahkan lini pertahanan Newcastle.

Selang dua menit kemudian, Chelsea kembali mendapatkan kesempatan. Sayang kali ini bola tandukan Zouma masih melenceng tipis.

Hingga setengah jam laga berjalan, Chelsea makin mendominasi penguasaan bola yang mencapai 75 persen. Bahkan Newcastle belum berhasil mencatatkan tembakan on target, tiga usaha yang dilakukan semuanya meleset dari sasaran. Sementara Chelsea seharusnya bisa mencetak tiga atau empat gol.

Usaha Chelsea terus menekan akhirnya membuahkan hasil. Lewat skema serangan balik cepat usaha Werner yang menggiring bola melewati tiga pemain diakhiri assist yang diselesaikan Tammy Abraham pada menit 64. Chelsea unggul 2-0.

Newcastle nyaris menipiskan skor pada menit ke-71. Namun bola sepakan Sean Longstaff dari luar kotak penalti hanya menghajar mistar gawang.

Menit ke-74, Werner menjebol gawang Newcastle. Namun gol tidak disahkan karena penyerang asal Jerman tersebut sudah berada dalam posisi offside. Chelsea kembali membuang kesempatan, kali ini bola sepakan Mason Mount melenceng ke sisi kanan gawang tuan rumah pada menit ke-80.

Di periode akhir laga, Newcastle mulai mencoba mengurung pertahanan Chelsea. Namun hingga laga usai, skor 2-0 untuk Chelsea tidak berubah.

Dengan hasil ini Chelsea sementara naik ke puncak klasemen Premier League, paling tidak dalam beberapa jam ke depan. Chelsea saat ini mengoleksi 18 poin dari sembilan laga.


Susunan Pemain

Newcastle United (5-4-1): Karl Darlow; Javier Manquillo (Almiron 65), Federico Fernandez, Jamaal Lascelles (Schar 46), Ciaran Clark, Jamal Lewis; Jacob Murphy, Isaac Hayden, Sean Longstaff, Allan Saint-Maximin (Carroll 73); Joelinton.

Chelsea (4-3-3): Edouard Mendy; Reece James, Kurt Zouma, Antonio Rudiger, Ben Chilwell (Chilwell 82); Mateo Kovacic, N'Golo Kante, Mason Mount; Hakim Ziyech, Tammy Abraham, Timo Werner (Hudson-Odoi)