BolaSkor.com - Atlet bridge Indonesia, Michael Bambang Hartono, memiliki niat mulia jika berhasil merebut medali emas pada Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus-2 September. Bos PT Djarum tersebut bakal menyumbangkan bonus sebesar Rp 1,5 miliar untuk pembinaan olahraga.

Setiap peraih medali emas Asian Games 2018 bakal mendapat guyuran bonus sebesar Rp 1,5 miliar dari Kemenpora. Jumlah tersebut jauh lebih besar daripada edisi sebelumnya di Incheon pada 2014.

Selain uang tunai, pemerintah juga menjanjikan bonus lain seperti rumah dan dan pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil. Dengan latar belakang Bambang sebagai pengusaha terkaya di Indonesia, hadiah tersebut tentu akan lebih berguna jika digunakan untuk pengembangan olahraga.

"Pemerintah ada Rp 1,5 miliar untuk satu emas. Itu akan kami sumbangkan ke pembinaan. Pembinaan butuh ongkos mahal, bahkan bulutangkis di Kudus ada 100 atlet. Tapi menghasilkan satu juara Lim Swie King besar sekali biayanya. Kemungkinan cabang olah ragabulu tangkis dua emas, kalau saya cuma satu. Kalau bridge ya bridge dan bulutangkis ya bulu tangkis," kata Bambang.

Demi merebut medali emas Asian Games 2018, Bambang rutin berlatih setiap akhir pekan. Kegiatan itu dilakukannya di luar waktu sebagai pengusaha.

"Kalau bridge adalah sampingan. Tidak boleh ganggu prioritas kerja. Utama kerja, kemudian keluarga. Kalau ada waktu baru main. Biasanya Sabtu, Minggu, atau Jumat sore. Satu babak biasanya latihan 2,5 jam-3 jam. Jadi tak bisa diganggu kalau lagi main," tutur bos Djarum Foundation tersebut.

Selain medali emas, Bambang juga memiliki impian besar lain yakni menjadikan bridge sebagai satu di antara cabang olahraga olimpiade. Asian Games 2018 menjadi jalan untuk memuluskan hal tersebut.

"Antara lain waktu berjuang bridge masuk Asian Games saja luar biasa tantangannya. Dianggap itu judi. Berat sekali. Judi kok dipertandingkan," kata Bambang.