Nigeria 2-0 Islandia: Musa Gemilang, Super Eagles Jaga Asa

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 23 Juni 2018
Nigeria 2-0 Islandia: Musa Gemilang, Super Eagles Jaga Asa
Ahmed Musa dua kali bobol gawang Islandia (Foto: @NGSuperEagles)

BolaSkor.com - Timnas Nigeria menjaga asa lolos grup D Piala Dunia 2018. Super Eagles menang 2-0 atas Nigeria di laga kedua grup dan saat ini mengoleksi tiga poin. Laga penentu akan dimainkan mereka melawan Argentina pekan depan, di mana Argentina saat ini hanya mengoleksi satu poin.

Gernot Rohr, pelatih Nigeria, mengubah komposisi pemain dan taktik tim untuk melawan Islandia pasca kalah 0-2 dari Kroasia. Bermain dengan formasi 3-5-2, Rohr mengandalkan Ahmed Musa dan Kelechi Iheanacho di lini depan. Alex Iwobi yang sebelumnya bermain melawan Kroasia dicadangkan pada laga ini.

Sementara Islandia tetap dengan pakem klasik 4-4-2. Pelatih Islandia, Heimir Hallgrimsson, mengandalkan Gylfi Sigurdsson, Aron Gunnarsson, dan Alfred Finnbogason, sebagai motor serangan tim untuk menguji pertahan Nigeria.

Kekuatan kedua tim relatif imbang dan sama kuat. Baik Islandia atau Nigeria silih berganti membangun serangan. Bedanya, Islandia bermain dengan gaya bermain tradisional: umpan silang dan banyak memainkan bola lambung, serta coba memaksimalkan bola mati.

Pola serangan direct Islandia yang langsung tertuju ke pertahanan lawan cukup efektif, ketimbang Nigeria yang punya penguasaan bola 61 berbanding 39 persen.

Islandia sukses melepaskan lima tendangan dan dua di antaranya tetap sasaran. Sedangkan Nigeria tidak sekalipun menguji kiper Islandia, Hannes Thor Halldorsson, kendati lebih banyak melakukan total operan 248 berbanding 132.

Namun, sampai dua menit tambahan waktu berakhir di babak pertama, tidak ada gol yang tercipta di Volgodrad Arena. Islandia yang menciptakan banyak peluang gagal mengonversinya menjadi gol.

Babak kedua dimulai dengan pergantian pemain Nigeria. Tyronne Ebuehi masuk menggantikan Brian Idowu yang berposisi sebagai bek sayap kiri.

Dua menit berselang, Nigeria sukses mencuri keunggulan dari pola serangan balik cepat yang biasanya diperagakan Islandia. Musa menerima bola operan Victor Moses dengan baik, mengontrolnya dan mengelabui bek Islandia, sebelum merobek gawang Halldorsson. 1-0 Nigeria unggul.

Musa benar-benar tengah on fire dalam pertandingan ini. Lagi, dengan kecepatannya, Musa merepotkan pertahanan Islandia melalui aksi solo run yang berbuah gol kedua Nigeria di menit 74. Keunggulan 2-0 Nigeria seolah 'membunuh' laga.

Drama pertandingan semakin berjalan seru di 10 menit terakhir. Islandia punya peluang memperkecil kedudukan dari titik putih pada menit 82, namun, sepakan Sigurdsson melebar tinggi di atas mistar gawang Nigeria. 'Bantuan' dari VAR pun menjadi percuma.

Kedua pelatih sudah menggunakan seluruh pergantian pemain mereka. Pada akhirnya, Nigeria mampu mempertahankan keunggulan 2-0 atas Islandia dan menjaga asa untuk lolos penyisihan grup D Piala Dunia 2018. Mereka akan melawan Argentina di laga terakhir grup D.

Nigeria punya peluang lolos sama kuatnya dengan Argentina dan juga Islandia ke fase gugur. Kroasia sudah dipastikan lolos dengan perolehan enam poin, sementara satu tiket terakhir masih direbutkan Nigeria (tiga poin), Islandia (satu poin), dan Argentina (satu poin).

Susunan Pemain:

Nigeria (3-5-2): Francis Uzoho; Kenneth Omeruo, William Troost-Ekong, Leon Balogun; Brian Idowu (Tyronne Ebuehi 46'), Oghenekaro Etebo (Alex Iwobi 90'), John Obi Mikel, Wilfried Ndidi, Victor Moses; Kelechi Iheanacho (Odion Ighalo 85'), Ahmed Musa

Pelatih: Gernot Rohr

Islandia (4-4-2): Hannes Thor Halldorsson; Hordur Bjorgvin Magnusson, Ragnar Sigurdsson (Sverrir Ingi Ingason 64'), Kari Arnason, Birkir Mar Saevarsson; Birkir Bjarnason, Aron Gunnarsson (Olafur Ingi Skulason 87'), Gylfi Sigurdsson, Rurik Gislason; John Dadi Bodvarsson (Bjorn Bergmann Sigurdarson 70'), Alfred Finnbogason

Pelatih: Heimir Hallgrimsson

Breaking News Timnas nigeria Timnas islandia Piala Dunia 2018 Ahmed Musa
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan